Luruskan Sejarah Warga Madiun Bukan Keturunan PKI

Luruskan Sejarah Warga Madiun Bukan Keturunan PKI Bupati Madiun melakukan peninjauan dan dialog dengan warga di Lubang Sudo yang merupakan bukti peninggalan keganasan PKI tahun 1948.

MADIUN, BANGSAONLINE.com - Tidak enak mendapat sebutan keturunan Partai Komunis Indonesia () atau keturunan dari Muso. Untuk menghilangkan stigma tersebut, warga dan seluruh jajaran pemerintah daerah selalu melakukan pelurusan sejarah pada setiap kesempatan.

Bakesbangpol Kabupaten menyelenggarakan penelusuran sejarah dengan menghadirkan narasumber yang paham dan mengerti masalah pemberontakan di yang dikemas dalam seminar dengan tema Peningkatan Kesadaran Masyarakat akan Nilai-Nilai Luhur Budaya Bangsa.

Acara tersebut dihadiri kedua pucuk pimpinan Kabupaten di Desa Kresek, Kecamatan Wungu.

Bupati Ahmad Dawami mengatakan, kegiatan menghadirkan narasumber pelaku sejarah dan juga menghadirkan masyarakat agar langsung tepat sasaran.

"Generasi sekarang tidak boleh lupa pada sejarah, sejarah juga tidak boleh dirubah atau dibelokkan. Kita memiliki tugas dan kewajiban yang sama dalam rangka mencabut stigma negatif yang terdapat di Kabupaten yang konon katanya tempatnya ," ujarnya.

Seminar yang dihadiri forkopimda Kabupaten , para kepala OPD dan masyarakat ini, Ahmad Dawami dan Hariwuryanto bertamu langsung dengan sejumlah narasumber yang menyampampaikan testimoni dan menceritakan kembali cerita mengenai keganasan pada saat itu.

Mereka adalah KH. Abdul Halim yang merupakan keluarga korban keganasan ; KH. Muksinun, saksi mata penggalian kembali 1994 untuk mengangkat jenasah korban ; KH. Mahfud, penggali jasad korban ; Suwanto Paimun, penemu titik pertama jasad pahlawan ideologi dibantai dan dikubur dan Sumaryono, putra dari saksi hidup korban keganasan .

Dikatakannya, warga Kabupaten pun sangat tidak sepakat dengan perbuatan yang menentang NKRI tersebut. "Dan dengan acara hari ini akan kita tambah satu bukti otentik bahwa kita pun korban dalam peristiwa di Kresek. Pesan dari acara ini semoga sampai pada masyarakat luas dan mampu merubah menjadi stigma yang lebih baik," terangnya.

Usai acara, para pejabat melakukan peninjauan di sekitar wilayah Monumen Kresek. Salah satunya adalah adalah Lubang Sudo yang merupakan bukti peninggalan keganasan tahun 1948. (hen/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO