Danrem 081/DSJ Membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam Erupsi Gunung Kelud di Blitar

Danrem 081/DSJ Membuka Latihan Penanggulangan Bencana Alam Erupsi Gunung Kelud di Blitar Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki sedang melakukan inspeksi pasukan.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Danrem 081/DSJ Kolonel Inf Masduki, S.E. secara resmi membuka latihan penanggulangan bencana alam, di Lapangan Tawangsari, Kel. Tawangsari, Kec. Garum, Kab. Blitar, Jawa Timur, Senin (12/11/18).

Dalam amanatnya, Danrem mengatakan, latihan yang dilaksanakan bertujuan untuk melatih semua unsur-unsur terkait antara TNI-Polri serta Pemerintah Daerah dalam menanggulangi bencana alam.

"Dalam latihan ini nantinya akan difokuskan terhadap adanya bencana alam yang diakibatkan oleh letusan atau erupsi dari gunung berapi. Blitar ini rawan dengan ancaman itu, karena letaknya yang berdekatan atau di bawah kaki Gunung Kelud," urainya.

"Oleh karena itu, latihan semacam ini sangat diperlukan guna mengantisipasi dan melatihkan, jika ancaman dari Gunung Kelud benar-benar terjadi," sambungnya.

Kolonel Inf Masduki menjelaskan, jika latihan yang dilaksanakan secara terpadu itu, merupakan salah satu metode untuk menyiapkan semua unsur dalam menangani bencana alam apabila terjadi bencana sungguhan.

"Untuk itu laksanakan latihan ini dengan sungguh-sungguh, agar berhasil guna dan dapat meningkatkan kemampuan semua komponen dalam upaya menanggulangi bencana," tegasnya.

Latihan yang dilaksanakan dari tanggal 12-16 November 2018, melibatkan dari berbagai unsur terkait, seperti Polres Blitar, Tagana, Dinkes, BPBD, PMI, PLN, PDAM, Damkar, Dishub, Satpol PP, Orari, Rapi, LSM dan masyarakat. (*/dur)

Sumber: Penrem 081

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO