Rabu, 27 Januari 2021 02:15

​Wabup Naik Jadi Plt Bupati Malang, Golkar Siapkan Kadernya

Rabu, 07 November 2018 22:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Tuhu Priyono
​Wabup Naik Jadi Plt Bupati Malang, Golkar Siapkan Kadernya

MALANG, BANGSAONLINE.com - Pasca ditetapkannya Rendra Kresna menjadi tersangka oleh Komisi Pemeberantasan Korupsi (KPK) beberapa waktu lalu, otomatis terjadi perubahan kepemimpinan daerah di Kabupaten Malang. Dengan telah ditunjuknya Wakil Bupati Malang, Drs. M. Sanusi sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Malang, membuat partai politik pengusung pada Pilkada 2015 lalu bersiap diri untuk mempersiapkan Wabup pengganti.

Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Organisasi, Kaderisasi dan Keanggotaan (OKK) Dewan Pimpinan Daerah Partai Golkar Kabupaten Malang, Kusmantoro Widodo.

Pada Pilkada Kabupaten Malang tahun 2015 lalu, Rendra Kresna dan Sanusi diusung oleh Partai Golkar, PKB, NasDem, Gerindra dan Demokrat sebagai pasangan Bupati dan Wakil Bupati yang akhirnya memenangkan Pilkada 2015.

Namun, di tengah perjalanan Rendra Kresna sebagai Bupati Malang terjerat masalah dan ditetapkan statusnya menjadi tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Guna mengisi kekosongan jabatan, maka Sanusi sebagai Wabup diangkat menjadi Plt. Bupati Malang. Rendra sendiri hingga kini masih menjalani proses penyidikan dan masih dalam tahanan KPK.

Sebagai salah satu partai pengusung, Golkar berencana mencalonkan salah satu kadernya untuk menjadi Wabup, jika nanti Sanusi diangkat secara definitif menjadi Bupati Malang.

“Tentunya kita saat ini harus mengedepankan proses asas praduga tak bersalah dan mengikuti proses hukum yang berjalan, sampai ada keputusan hukum tetap,” terang Kusmantoro Widodo.

“Tapi jika nantinya sesuai dengan aturan dan Undang-undang yang berlaku dan Wabup diangkat menjadi Bupati secara definitif, sebagai partai pengusung kita harus bersiap mencalonkan salah satu kader terbaik kita untuk mengisi posisi Wabup yang baru,” imbuh, Kusmantoro. Namun ia enggan menyebutkan siapa kader terbaik tersebut. “Kita tetap harus berkoordinasi dengan DPW dan DPP,” kata dia.

Mengenai komunikasi dengan partai pengusung lainnya, ia mengaku jika selama ini komunikasi yang terjalin berjalan cukup baik.

“Jika ada gesekan itu hal yang wajar dalam politik, secara kelembagaan dan individu komunikasi sesama partai pengusung cukup baik,” tegasnya. (thu/ian)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 07 Januari 2021 16:58 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Pamekasan dalam masa pandemi ini tetap bertekad memberikan wahana hiburan rekreasi sekaligus olahraga, terutama bagi anak-anak dan usia dini.Melalui kapasitas dan potensi...
Minggu, 17 Januari 2021 10:07 WIB
Oleh: M. Aminuddin --- Peneliti Senior Institute for Strategic and Development Studies (ISDS)--- Di awal tahun 2021 ini Kemendikbud telah merelease tekadnya untuk melanjutkan apa yang disebutnya sebagai transformasi pendidikan dan pemaju...
Sabtu, 16 Januari 2021 19:54 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*50. Wa-idz qulnaa lilmalaa-ikati usjuduu li-aadama fasajaduu illaa ibliisa kaana mina aljinni fafasaqa ‘an amri rabbihi afatattakhidzuunahu wadzurriyyatahu awliyaa-a min duunii wahum lakum ‘aduwwun bi/sa lil...
Sabtu, 26 Desember 2020 12:03 WIB
Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam tentang kehidupan sehari-hari. Diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A, Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) dan pengasuh Pesantren Mahasiswa An-Nur Wono...