Ribuan Kotak Suara Sudah Mulai 'Mendatangi' KPU Pacitan

Ribuan Kotak Suara Sudah Mulai Ribuan kotak suara saat dibongkar muat di KPU Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Distribusi kotak suara Pileg dan Pilpres 2019 ternyata datang lebih awal dari yang dijadwalkan. Semula, Ketua Damhudi mengatakan, pengiriman kotak suara berbahan kardus dan transparan akan dilaksanakan mulai tanggal 20 Oktober. Namun hari ini, kotak penyimpanan surat suara tersebut sudah dikirim oleh KPU RI.

Divisi Teknis , Sulis Setyorini, membenarkan telah dikirimnya beberapa kotak suara baru dalam pelaksanaan Pileg serta Pilpres 2019. "Tahap awal ini sudah terkirim sebanyak 2.600 buah. Hal itu merujuk surat jalan yang kita terima. Namun pastinya, nanti setelah kita lakukan penghitungan," katanya, Kamis (18/10).

Menurut mantan aktivis HMI ini, ribuan kotak suara baru tersebut saat ini langsung dilakukan bongkar muat dari truk pengangkut di gudang KPU yang berlokasi di Lingkungan Blimbing Kelurahan Pucangsewu, Kecamatan Pacitan. 

"Langsung kita bongkar muat di gudang baru. Sebab gudang yang lama tidak mencukupi kapasitasnya," terang komisioner KPU berhijab ini.

Sementara itu, Sulis mengungkapkan pihaknya belum bisa memastikan apakah proses pengiriman tersebut akan dilanjutkan hari berikutnya ataukah tidak. 

"Belum ada pemberitahuan lebih lanjut. Kami baru menerima kiriman sebanyak 2.600 buah. Selebihnya mungkin akan dikirimkan sesuai jadwalnya. Yang pasti, guna pelaksanaan Pileg maupun Pilpres, kita butuh 1.971 kali lima ditambah dengan cadangan untuk PPK," tegasnya. (yun/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO