Dandim Berharap Pileg dan Pilpres Berjalan Kondusif: Jangan Halalkan Segala Cara

Dandim Berharap Pileg dan Pilpres Berjalan Kondusif: Jangan Halalkan Segala Cara Dandim Pacitan, Letkol (kav) Aristoteles Hekeng Nusa Lawitang saat menghadiri forum cangkrukan warga di KPU Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Komandan Kodim (Dandim) 0801 Pacitan, Letkol (kav) Aristoteles Hekeng Nusa Lawitang berpesan kepada semua pihak, utamanya para peserta pemilu agar menjalankan tahapan dan proses pemilu sebagaimana aturan yang berlaku.

"Janganlah kita menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan. Namun, lebih kedepankan semangat demokrasi yang didasarkan pada budaya luhur agar tujuan itu bisa tercapai secara tepat dan benar," ujarnya dalam closing statement di acara forum cangkrukan, , Senin (15/10) malam.

Dandim berharap agar proses demokrasi kali ini dapat berjalan kondusif dan tenteram, sehingga peran TNI dapat diminimalisir. "Tugas kami (TNI) masih menumpuk. Karena itu saya harapkan tugas-tugas sipil perlahan akan terkurangi. Tugas kemiliteran kami cukup berat dan banyak. Semoga para pihak bisa memahami, sehingga di Pacitan ini akan tetap kondusif, ayem tentrem jauh dari permasalahan," harap Perwira Menengah TNI AD ini.

Dia tidak berharap TNI akan mengambil alih kendali seandainya situasi mengalami kegentingan. "Karena itu, capailah tujuan dengan cara-cara yang benar. Jangan karena ingin mencapai sesuatu, lantas menghalalkan segala cara. TNI juga bisa berjalan di luar SOP. Namun, itu jangan sampai terjadi di Pacitan. Kasihan anak cucu kita yang kelak akan mewarisi semuanya," jelas Dandim.

Hal senada juga disampaikan Kompol Sukoco, Kabagops Polres Pacitan. Ia yang turut hadir mewakili Kapolres AKBP Setyo Kus Heriyatno, meminta agar semua elemen masyarakat di Pacitan bisa bersinergi menciptakan kedamaian.

"Kalau tidak paham atau ingin menyampaikan pertanyaan, silakan akan kami catat. Selanjutnya akan kami sampaikan ke Kapolres. Beliau yang lebih memiliki kewenangan untuk menyampaikan pernyataan dan menjawab pertanyaan," terangnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO