Senin, 19 November 2018 11:07

Ratusan Usaha Tambak Udang di Pacitan Belum Kantongi Perizinan Lingkungan

Jumat, 12 Oktober 2018 19:19 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yuniardi Sutondo
Ratusan Usaha Tambak Udang di Pacitan Belum Kantongi Perizinan Lingkungan
ILUSTRASI: Salah satu contoh usaha tambak udang di Pacitan.

PACITANA, BANGSAONLINE.com - Ratusan usaha tambak udang yang membentang dari wilayah Kecamatan Sudimoro hingga Donorojo disinyalir belum memiliki izin lingkungan. Hal tersebut dibenarkan Ari Priyambodo, Kabid Tata Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Kabupaten Pacitan, Jumat (12/10).

Menurut Ari, dari ratusan titik usaha tambak udang yang ada di Pacitan, hanya empat lokasi yang sudah memiliki izin SPPL (Surat Pernyataan Pengelolaan Lingkungan). "Selebihnya masih bodong tanpa kelengkapan dokumen lingkungan," ujarnya.

Keempat lokasi tambak udang yang sudah melengkapi dokumen SPPL tersebut tersebar di Desa Dersono, Watukarung, Kecamatan Pringkuku, serta Desa Iroboyo, Kecamatan Donorojo.

"Namun satu tambak yang berlokasi di Dusun Cokel Desa Watukarung harus melengkapi dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Upaya Pemantauan Lingkungan Hidup (UKL/UPL). Sebab, luasan tambak lebih dari lima hektar," jelasnya.

Ari berharap, utamanya kepada pemerintah desa agar sedapat mungkin memberikan pemahaman kepada pelaku usaha tambak udang akan pentingnya dokumen lingkungan. Sebab dampak pencemaran dari kegiatan tersebut memang cukup tinggi. Apalagi di kawasan wisata seperti halnya di Pantai Watukarung.

"Selain dampak air limbah pasca panen, juga masalah polusi bau dari amoniak. Selain itu pemasangan pipa untuk penyedotan air laut juga dikeluhkan pihak Disparpora lantaran mengganggu keindahan obyek wisata. Ini yang perlu segera diperhatikan," tandasnya. (yun/rev)

Rabu, 14 November 2018 00:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SUASANA khusuk menyelimuti Jumat malam 9 November 2018 di lorong-lorong kampung, di ruas-ruas musholla, di beranda-beranda langgar, di ruang-ruang masjid, surau ataupun gardu desa. Rakyat membaca doa dengan selingan renungan tent...
Minggu, 18 November 2018 03:20 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wayad’u al-insaanu bialsysyarri du’aa-ahu bialkhayri wakaana al-insaanu ‘ajuulaan (11).Ayat studi ini mengingatkan, betapa watak dasar manusia itu tak sabaran, maunya segera terwujud ap...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Selasa, 06 November 2018 22:28 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - Dua tahun terakhir Kabupaten Madiun mendapatkan penghargaan Anugerah Wisata Tingkat Provinsi Jawa Timur. Pertama anugerah wisata buatan terbaik provinsi diraih Taman Wisata Madiun Umbul Square tahun 2017, menyusul kemudian ...