Aplikasi Simpple Milik Dinas Penanaman Modal Tuban Ngadat, Pengajuan AK1 Terbengkalai

Aplikasi Simpple Milik Dinas Penanaman Modal Tuban Ngadat, Pengajuan AK1 Terbengkalai

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Pendaftaran kartu pencari kerja (AK1) melalui layanan aplikasi Sistem Informasi Ketenagakerjaan online (Sikon) milik Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban dikeluhkan pemohon. Pasalnya, layanan tersebut lamban meskipun bentuknya sudah online.

Seperti yang disampaikan oleh Riska (28). Perempuan yang bekerja di luar kota ini mengaku kecewa karena data pendaftaran AK1 miliknya tak kunjung mendapatkan balasan dari pihak dinas yang terkait. 

"Ya sudah dari pagi input data pendaftaran AK1. Tapi nggak ada balasan dari laman tersebut,'' ungkapnya kepada BANGSAONLINE.com, pada Selasa (25/9).

Tak hanya itu, Riska juga mengungkapkan bahwa banyak dari pemohon yang terkendala saat hendak berkas penunjang seperti Ijazah dan berkas lainnya.

Setelah tak kunjung ada balasan dari pengajuan berkasnya, Riska kemudian mengaku berinisiatif mengajukan AK1 ke Dinas Penanaman Modal PTSP dan Ketenagakerja dengan menghubungi nomor WhatsApp yang tertera di aplikasi Simpple (Sistem Informasi, Manajemen, dan Pelayanan Perizinan Elektronik). Namun, upayanya masih gagal. Petugas berdalih aplikasi Simpple masih tahap perbaikan sehingga ia disuruh datang ke kantor langsung.

"Kami selaku pemohon diharuskan datang langsung ke kantor dinas. Padahal, saat ini saya bekerja di luar kota dan belum ada izin kantor,'' keluhnya.

Sementara Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Tajuddin Tebyo belum dapat dikonfirmasi terkait adanya keluhan para pencari kerja untuk mendapatkan kartu AK1 lewat layanan aplikasi Simpple. Dihubungi via selularnya, yang bersangkutan tak mengangkat meski terdengar nada sambung.

Diketahui, pada 2017 lalu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Tuban berbondong bondong membuat ragam gebrakan inovasi berbasis pelayanan berbasi online. Tak terkecuali Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban yang meluncurkan aplikasi Simpple. Aplikasi tersebut diharapkan memberi kemudahan bagi masyarakat Tuban dalam pengajuan permohonan kartu AK1 tanpa harus ke kantor dinas. (ahm/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO