Pengurus Ponpes Tuding Pembangunan Tol Bikin Rusak Jalan Kabupaten

Pengurus Ponpes Tuding Pembangunan Tol Bikin Rusak Jalan Kabupaten Rapat pengurus ponpes yang digelar dengan Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN, BANSGAONLINE.com - Pengurus Ponpes Ihyaus Sunnah mengeluhkan lalu lalangnya kendaraan berat armada pengangkut material jalan tol Paspro (Pasuruan- Probolinggo). Akibatnya, jalan akses kabupaten di Dusun Ngemplak, Desa Toyaning Rejoso, Kabupaten Pasuruan menjadi rusak.

Selain jalan rusak, mereka juga mengeluhkan dampak lain imbas keberadaan truk-truk besar pengangkut tanah uruk tersebut, yakni membuat bangunan ponpes retak.

Dalam acara hearing dengan Komisi III, juru bicara Ponpes Ihyaus Sunnah Nawawi menjelaskan, secara umum pihaknya mendukung dengan adanya pembangunan di wilayah Kabupaten Pasuruan. Namun, bukan berarti pembangunan menabrak aturan serta merugikan pihak lain.

“Saat kendaraan melintas, debu berterbangan sehingga menyebabkan polusi dan mengganggu kesehatan. Masya Allah, sangat mengganggu. Tak hanya itu saja. Masjid dan rumah habaib pengasuh pondok menjadi retak-retak,” tandasnya.

Dirinya berharap, kendaraan material tol Paspro tidak melewati jalur setempat. Mengingat, jalan setempat bukan untuk jalur kendaraan dengan tonase berat, seperti kendaraan dump truk besar. “Sebenarnya sudah ada perjanjian dengan pelaksana proyek PT Pembangunan Perumahan. Agar truk-truk tersebut tidak melewati jalan di Ngemplak. Tapi kenyataannya, masih banyak truk yang melintas,” sambungnya.

Terpisah, Kepala Dinas PU Bina Marga Kabupaten Pasuruan Hari Aprianto yang ditemui BANGSAONLINE.com menjelaskan, jalan di Ngemplak Desa Toyaning telah diperbaiki oleh pemkab. Tapi karena imbas proyek tol itu, kerusakan kembali terjadi.

“Baru sekitar satu setengah tahun dibangun. Tapi, sekarang kondisinya rusak lagi,” tambahnya.

Rapat yang digelar dengan Komisi III DPRD Kabupaten Pasuruan itu sempat membuat gerah dewan. Betapa tidak, PT Pembangunan Perumahan (PP) tidak mengikuti jalannya rapat. (bib/par/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Santri di Pasuruan Gagalkan Kawanan Pencuri Motor di Pasuruan.':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO