Agendakan Rembukan, Aktivis Mahasiswa Kompas Pacitan Ingin Beri Masukan Terkait Festival Rontek

Agendakan Rembukan, Aktivis Mahasiswa Kompas Pacitan Ingin Beri Masukan Terkait Festival Rontek Danur Sumbo Suprapto, Penanggungjawab kegiatan raker dan rembuk mahasiswa. (Yuniardi Sutondo/BO)

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ribuan yang tergabung dalam Komunitas Mahasiswa di Surakarta (Kompas) berencana bakal berkumpul guna menggelar agenda rembuk . Mereka akan menyuarakan aspirasi ke pemkab setempat, terutama soal kepariwisataan dan pagelaran festival rontek yang saban bulan Agustus selalu menjadi agenda rutin daerah.

Penanggungjawab kegiatan raker dan rembuk , Danur Sumbo Suprapto, menilai selama ini festival rontek tak jelas jati dirinya. "Apakah mengarah ke moderenisasi seperti festival, atau akan ditonjolkan tradisionalnya. Kalau memang mau ditonjolkan tradisionalnya, alangkah baiknya lebih mengeksplorasi nuansa-nuansa tradisional. Misalnya, terkait dengan properti juga lebih menerapkan bahan-bahan dari bambu. Apalagi di ini kaya juga akan bambu," kata pasca sarjana ini, Rabu (12/9).

Sedangkan soal pariwisata, ia mengungkapkan selama ini para wisatawan mengeluhkan beberapa hal. Selain mahalnya living cost, juga persoalan transportasi. Danur menyebut, kalau para wisatawan, khususnya yang dari arah Tulungagung, Malang, Blitar Trenggalek, kesulitan ketika hendak menuju dengan menggunakan kendaraan umum. "Yang ada hanya kendaraan antar jemput (travel). Sedangkan kendaraan umum yang langsung ke tidak ada. Ini juga akan menjadi kajian para ," jlentrehnya.

Sementara itu, Danur juga membuka peluang ke semua lapisan masyarakat untuk ikut bergabung memberikan beragam aspirasi. "Tujuan kami untuk pembenahan dan perbaikan ke depannya," tandasnya. (yun/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO