Latma TNI-AL dan Tentera Laut Diraja Brunei Helang Laut 19A/18 Resmi Dibuka

Latma TNI-AL dan Tentera Laut Diraja Brunei Helang Laut 19A/18 Resmi Dibuka Kadisopslatal Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, resmi membuka Latihan Bersama Helang Laut di Aula Puslatkaprang Kolat Koarmada II Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kepala Dinas Operasi dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kadisopslatal) Laksamana Pertama TNI Abdul Rasyid Kacong, SE, MM, mewakili Asops Kasal Laksamana Madya TNI Aan Kurnia, S.Sos, resmi membuka pelaksanaan Latihan Bersama (Latma) Helang Laut Tahun 2018, di Aula Pusat Latihan Kapal Perang (Puslatkaprang) Kolat Surabaya, Senin (6/8/2018).

Latma Helang Laut merupakan agenda latihan rutin tahunan yang digelar oleh TNI Angkatan Laut dan Tentera Laut Diraja Brunei (TLDB)/Royal Brunei Navy (RBN). Latihan bersama ini memiliki manfaat yang cukup tinggi dalam menjalin hubungan bilateral antara Indonesia dan Brunei Darussalam.

Asops Kasal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Kadisopslatal menyampaikan, berbeda dari pelaksanaan latihan sebelumnya, pada latihan bersama kali ini tidak melaksanakan manuver lapangan (Manlap) maupun Field Training Exercise (FTX).

Latihan bersama ini dilaksanakan di simulator dengan metode Command Post Exercise (CPE). Namun, kerja sama dan pemahaman antar kedua belah pihak akan sangat menunjang tercapainya tujuan latihan.

Lebih lanjut, Asops Kasal menegaskan bahwa latihan yang dilaksanakan 5 hari di ASTT Puslatlekdalsen Kodiklatal ini akan menitik beratkan pada pada pertempuran multi dimensi yaitu Electronic Warfare (EW), Anti Surface Warfare (ASUW), Anti Submarine Warfare (ASW) dan Anti Air Warfare (AAW), pungkasnya.

Mengakhiri amanatnya, Asops Kasal menyampaikan kepada seluruh peserta latihan untuk memanfaatkan latihan ini dengan baik sehingga pada akhirnya sasaran yang diharapkan akan dapat tercapai secara optimal.

Dalam latihan bersama kali ini, TLDM/RBN mengirimkan 16 orang personel yang dipimpin oleh Lieutenant Commander Saiful Hasril Ali, sedangkan TNI Angkatan Laut mengirimkan 20 orang Perwira Satuan Kapal Eskorta (Satkor) sebagai delegasinya.

Hadir pada acara tersebut, Dankodikopsla Kodiklatal Laksma TNI Maman Firmansyah, Dansatkor Kolonel Laut (P) Dato Rusman SN, SE, Dansatkat Kolonel Laut (P) Wawan Trisatya Atmaja, SE, Komandan KRI Sampari (SPR) – 628 Letkol Laut (P) Ferry H. Hutagaol, M.Tr. Hanla serta segenap Perwira Staf Satkor . (*/dur)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO