Satgas KJK KRI Bima Suci Berlayar ke Rusia

Satgas KJK KRI Bima Suci Berlayar ke Rusia Satgas KJK 2018 KRI Bima Suci berlayar menuju Russia.

SURABAYA, BANGSAONLINE.Com - Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono melepas keberangkatan Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) Sail Regatta Vladivostok Rusia dan IFR Korea Selatan bertempat di Dermaga Madura , Ujung Surabaya, Kamis (2/8). Satgas ini menggunakan KRI Bima Suci yang dikomandani Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji.

Pelayaran KRI Bima Suci ini yang membawa 100 Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan 65 tahun 2018 merupakan muhibah pertama kalinya setelah didatangkan sebagai Kapal Layar Latih TNI Angkatan Laut dari Vigo Spanyol.

Pelaksanaan KJK di Rusia dan IFR di Korsel akan berlangsung mulai tanggal 2 Agustus hingga 9 November 2018. Adapun rute yang dilintasi yaitu Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korsel) – Manila (Philipina) – Bitung – Surabaya. Lama pelayaran luar negeri adalah 77 hari dan dalam negeri 23 hari dengan total pelayaran 100 hari yang menempuh jarak 11.187 NM.

Selama pelayaran, Satgas KJK akan melaksanakan courtessy call dan pertukaran cinderamata, open ship, olahraga persahabatan, cocktail party dan malam kesenian (kolaborasi) tari dan musik. Seperti band duta samudera, brass band, kolaborasi band, gamelan, tari saman dan rampak gendang, tari kecak, tari tanduk majeng, tari gandrung banyuwangi, tari merak, Kirab Kota (GS Taruna AAL) dan City Tour. Kegiatan event Sail Regatta dilaksanakan pada tanggal 27 Agustus hingga 14 September 2018 dan IFR di Korsel pada tanggal 10 s.d. 14 oktober 2018.

Pangkoarmada II menjelaskan di hadapan awak media bahwa tujuan KJK Taruna AAL adalah melaksanakan pelayaran navigasi lingkaran besar, astronomi, dan mempraktikkan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya. Di samping itu, sebagai calon perwira melalui KJK akan membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut.

"Tentunya kegiatan ini memberikan wawasan kepada taruna tentang tempat yang disinggahi serta pergaulan internasional dan peran diplomasi TNI AL dengan mempromosikan budaya Indonesia, TNI AL dan AAL, menuju World Class Navy & World Class Naval Academy," ujarnya didampingi Ketua Daerah Jalasenastri Armada (KDJA) II Retno Didik Setiyono

Hadir dalam acara tersebut, Kaskoarmada II Laksma TNI I N.G. Sudihartawan, Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Danlantamal V Laksma TNI Edwin, para asisten Pangkoarmada II, para kasatker , para komandan unsur yang berada di pangkalan dan para pejabat teras AAL, serta Ibu-ibu Jalasenastri dari dan AAL.(Dispen Armada II)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO