Koarmada II Jadi Tuan Rumah MPLS 946 Siswa se-Jatim

Koarmada II Jadi Tuan Rumah MPLS 946 Siswa se-Jatim Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Camp MPLS SMA se–Jawa Timur yang diikuti sebanyak 946 siswa.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) II Kolonel Laut (P) Sigit Santoso, mewakili Pangkoarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, SE, MM, membuka pelaksanaan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan Camp MPLS SMA se–Jawa Timur yang diikuti sebanyak 946 siswa, bertempat di Dermaga Madura Ujung, Surabaya, Senin, (16/07/2018).

Tema MPLS kali ini, “Melalui MPLS Kita Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, Cinta Tanah Air, dan Bela Negara guna Pembentukan Karakter Bangsa Dalam Mewujudkan Cita-cita Nasional”.

MPLS yang diperuntukan seluruh siswa-siswi SMA kelas X se-Jatim ini bertujuan untuk lebih mengenalkan jati diri bangsa Indonesia, menumbuhkan wawasan berkebangsaan, menumbuhkan semangat bela negara, menumbuhkan sikap anti radikalisme, lebih mengenalkan Alutsista dan tradisi yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut yaitu dengan kegiatan pengarahan, latihan baris berbaris serta wisata edukasi TNI Angkatan Laut.

Pangkoarmada II dalam sambutannya yang dibacakan oleh Aspotmar menyampaikan, pendidikan karakter merupakan proses pembentukan kepribadian yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, sprilitualitas, dan kepribadian seseorang.

“Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa, kecerdasan emosional, spiritual, dan kepribadian itu penting dalam membangun karakter yang tangguh, mandiri, aktif, kreatif dan berdedikasi tinggi”, kata Pangkoarmada II.

Lebih lanjut, Pangkoarmada II menyampaikan bahwa kegiatan MPLS merupakan wujud nyata dalam upaya memaksimalkan implementasi pendidikan provinsi Jawa Timur bekerja sama dengan untuk memberikan pembekalan tentang jati diri bangsa, wawasan kebangsaan serta bela negara kepada segenap generasi penerus bangsa.

MPLS merupakan program kerja sama antara Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur dengan TNI Angkatan Laut dalam hal ini , yang berlangsung selama dua hari di Mako . Pada kegiatan MPLS tersebut, seluruh peserta akan di messingkan di atas KRI Surabaya – 591 salah satu jajaran Kapal Perang dari Satuan Kapal Bantu (Satban) .

Pada hari pertama MPLS usai pelaksanaan upacara pembukaan, seluruh peserta menerima pengarahan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, Dr. Saiful Rachman, MM, M.Pd. yang dilajutkan dengan penyampaikan materi oleh instruktur.

Hadir pada acara tersebut, Segenap Kasatker Mako , Para Komandan Satuan, Segenap Komandan Unsur yang berada di Pangkalan, serta para undangan lainnya. (*/dur)

Sumber: Dispen Koarmada II

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '​Koarmada II Gelar Vaksinasi Massal 20 ribu Dosis di Nganjuk':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO