Kamis, 17 Oktober 2019 08:25

Inovasi Baru (tapi Lama) untuk Lumut Umpan Nila

Jumat, 05 September 2014 22:17 WIB
Editor: r choirul a
Inovasi Baru (tapi Lama) untuk Lumut Umpan Nila
lumut, satu umpan efektif memancing nila. foto:http://next-outdooradventure.blogspot.com

MEMANCING Nila memang mudah-mudah susah. Maka, wajar jika bermunculan uji coba berbagai umpan, agar bisa menyelesaikan 'persoalan' ikan ogah makan.

Dari komunitas pemancing di kawasan pintu air Darmo Kali Surabaya, yang jumlahnya hampir 60 pemancing, disarikan beberapa trik untuk memacu daya rangsang ikan nila, agar mau menyambar umpan lumut.

Trik pertama: Buah Nangka. Ketika ikan enggan menyambar umpan lumut, maka yang dibutuhkan adalah satu atau dua biji buah nangka masak. Ketika hendak memancing, ada baiknya ketika di rumah anda memblender dua biji buah nangka, dengan air dua gelas, lalu simpan dalam botol.

Ketika ikan enggan menyambar lumut anda, maka buang air lumut itu, dan gantikan dengan air blenderan buah nangka tadi.

Menurut pengalaman komunitas pemancing pintu air Darmo Kali, umpan ini cukup efektif memancing di air mengalir.

Trik dua: Cacing Sutra. Cacing sutra adalah cacing ukuran sangat kecil, yang hidup di permukaan lumpur dasar sungai. Di Surabaya, cacing ini mudah didapat, karena memang banyak pencarinya. Di sepanjang kali mas, ada beberapa penjual cacing sutra.

Cacing ini, biasanya digunakan untuk pakan ikan lele yang masih berukuran bayi.

Nah, ketika Anda memancing dan nila enggan menyambar umpan lumut anda, maka, masukkan cacing sutra ini ke wadah lumut.

Karakteristik cacing sutra, dia melilit lumut. Jadi, meski dilempar berkali-kali ke spot, cacing tidak terlepas, malahan lumut cukup kuat 'terikat' di mata kail.

Pengalaman komunitas pemancing di Pintu Air Darmo Kali, umpan lumut bercacing ini cukup efektif ketika kondisi air tak mengalir. Di waduk, juga cukup efektif.

Trik tiga: Terur bebek. Siapkan satu telur bebek, ambil kuningnya saja. Lalu, pilih lumut yang panjang-panjang. Masukkan ke wadah, dan aduk hati-hati agar lumut tidak putus.

Cara memasang umpan lumut dengan kuning telur bebek ini, pegang mata kail dan satu ujung sejumput lumut dengan tangan kanan. Biarkan lumut menjuntai. Tangan kiri memegang kenur / senar / tali pancing dengan jarak sekitar 10 - 15 cm dari mata kail.

Lalu, putar-putar seperti gerakan menggulung, sehingga lumut tergulung di kenur / senar / benang pancing.

Secara hati-hati, dengan jari tangan kanan, serut (kumpulkan) lumut yang tergulung di kenur tadi menuju ke mata kail.

Cara mengumpan seperti ini sangat awet, bahkan, usai strike pun, kadang lumut masih tersisa di sekitaran mata kail.

Berdasarkan pengalaman pemancing, lumut dengan telur bebek ini juga cukup efektif untuk umpan bandeng di kolam kiloan.

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...