Senin, 22 April 2019 08:03

Campuran Esen Jos untuk Mancing Nila

Minggu, 05 April 2015 21:33 WIB
Editor: ros
Campuran Esen Jos untuk Mancing Nila
Motor yang diparkir berjejer milik para pemancing di atas jembatan Darmo Kali. Herannya, para pemancing tak takut kehilangan motor meski tanpa ada jukir. foto:pasangmata.detik.com

BangsaOnline - Memancing nila di spot favorit, yaitu Pintu Air Darmo Kali Surabaya, hampir setiap hari tak pernah sepi dari penghobi. Bahkan, jika semalaman hujan, maka dipastikan ikan nila akan sangat rakus pada pagi harinya. Untuk itu, usai subuh sekitar pukul 05.00 wib, para pemancing sudah mulai berjubel di spot yang luasnya sekitaran 50 x 30 m2 ini. 

Selain itu, waktu subuh memang menjadi 'waktu makan' ikan nila, juga para pemancing ini berebutan mencari spot terbaik. Jadi, pemancing yang baru datang ketika matahari sudah bersinar, akan gigit jari karena hanya mendapatkan spot yang sekedarnya saja.

Umumnya, para pemancing di spot ini menggunakan lumut tambak untuk umpan. Meski ada beberapa diantaranya menyiapkan ulat hongkong untuk memancing wader dan ikan tawes atau bader.

Di spot ini juga 'berjubel' ikan lele. Tetapi, entah kenapa para pemancing enggan memancing lele yang kerap kali ke permukaan air untuk mengambil oksigen itu. Berdasarkan pengamatan dan tanya jawab dengan para pemancing di spot ini, disimpulkan beberapa trik dalam penyiapan umpan lumut.

1. Ikan nila di spot ini, enggan menyantap lumut tambak yang masih segar. Umumnya, para pemancing yang berhasil mendapatkan ikan banyak (satu ikan, umumnya seukuran 5 jari) memakai umpan lumut yang sudah dipakai memancing sejak 4 hari sebelumnya.

Ciri lumut yang sudah kawak atau lama, teksturnya sudah halus dan mudah putus. warnanya juga sudah menjadi hijau muda.

2. Pemancing umumnya sudah menyiapkan semalam sebelumnya untuk umpan lumut. Mereka merendam lumut di air yang sudah diberi esen.

Pilihan esennya adalah:

a. sebagian besar memakai esen cocopandan.

b. ada yang memakai esen durian.

b. ada yang memakai esen pisang ambon.

d. ada yang memakai esen nangka.

e. ada yang memakai esen vanili.

3. Pagi hari menjelang mancing, lumut diambil dari air esen itu, diperas. Dan di spot darmo kali, mereka mengambil air kali untuk merendam lumut.

4. Sekitar 3 jam, mereka mengganti air rendaman lumut dengan air baru, tanpa menetesi esen.

5. Dan yang paling jos untuk memancing di spot ini adalah, merendam lumut dengan air setengah ember yang sudah ditetesi esen pisang ambon (3 tetes), cocopandan (3 tetes), esen vanili (3 tetes).

Asal tahu, di spot ini,rata-rata pemancing bisa membawa pulang ikan minimal dengan total 0.5 kg. Bisa jadi, di spot lain, ramuan esen-esen ini bisa dicoba..

selamat memancing.

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Yogi Indra Pratama
Jumat, 19 April 2019 21:53 WIB
Oleh: Yogi Indra Pratama, ST.,MT.*Istilah golput atau golongan putih pertama kali muncul pada tahun 1971. Pada masa itu, golput merupakan suatu bentuk gerakan protes yang dikumandangkan oleh pemuda dan mahasiswa dengan datang ke TPS untuk mencob...
Senin, 22 April 2019 00:24 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Se...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...