Senin, 14 Oktober 2019 18:55

Meriahkan HUT RI ke-74, BAS Sidoarjo Adakan Lomba Mancing Bandeng dan Nila

Minggu, 25 Agustus 2019 20:26 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Meriahkan HUT RI ke-74, BAS Sidoarjo Adakan Lomba Mancing Bandeng dan Nila
Juara nomor 1 dimenangkan oleh kelompok wong bebas (WB) asal Sidoarjo mendapat hadiah motor Honda Vario.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Memeriahkan HUT RI ke-74, Brother Angler Sidoarjo (BAS) komunitas angler atau pemancing yang ada di Sidoarjo, mengadakan lomba mancing ikan bandeng dan nila di Kolam Pancing Kusuma Tirta Desa Kedungpeluk Kec. Candi, Minggu (25/8/2019).

Lomba dengan tema acara tarung lumut adu essence itu diikuti hampir 300 peserta penghobi mancing yang datang dari berbagai daerah. Mulai Sidoarjo, Surabaya, Pasuruan, dan Mojokerto.

Ketua Panitia Lomba Prakas Junianto mengatakan, lomba ini untuk memperingati HUT Kemerdekaan RI. Selain itu, tujuan utamanya meningkatkan silaturrahmi antar penghobi mancing ikan air tawar maupun air asin. "Lomba ini untuk meriahkan HUT Kemerdekaan RI dan mengeratkan silaturahim," katanya.

Prakas menambahkan, umpan ikan pancing sengaja ditentukan dengan lumut. Yang mana lumut kini menjadi umpan yang gampang dicari oleh pemancing. 

"Jadi kita kail ikan di kolam pakai umpan lumut. Selain umpan lumut, tidak diperbolehkan. Umpannya sangat alami," imbuhnya.

Kebanyakan peserta lomba yang mendaftar, penghobi pemancing tambakan atau biasa mancing di tambak. Tidak sedikit pula peserta lomba pemancing laut dan lainnya.

Prakas menjelaskan, untuk kategori penilaian pemenang, juri mengambil kriteria jumlah terberat dalam kelompok. Setiap kelompok ada 3 orang peserta. 

"Hasil ikan kailnya ditimbang dan yang paling berat volumenya mendapatkan hadiah motor vario, tropi, dan hadiah lainnya," jelasnya.

Dalam lomba ini, juara nomor 1 dimenangkan oleh kelompok wong bebas (WB) asal Sidoarjo dengan berat timbangan ikan yang berhasil ditimbang, campur ikan nila dan bandeng 16.270 gram.

Untuk juara ke 2 kelompok Kendangsari Fishing Club (KSFC) 7 asal Surabaya dengan berat ikan yang mempunyai berat 15.330 gram. Srdangkan juara 3 di miliki oleh KSFC 4 dengan berat total ikan yang didapatkan 12.010 gram. (cat/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Minggu, 13 Oktober 2019 23:15 WIB
BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur memiliki wisata unik berbasis minyak dan gas bumi (Migas), tepatnya di Desa Wonocolo, Kecamatan Kedewan, Kabupaten Bojonegoro.Di desa ini terdapat ratusan sumur minyak tua peninggal...
Senin, 14 Oktober 2019 10:04 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Rayap, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesa (KBBI), mengandung dua arti. Pertama, rayap adalah serangga (seperti semut) berwarna putih tidak bersayap. Kedua, rayap berarti orang yang mengeruk kantong orang lain.Dalam berbagai ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...