Menjelang Lebaran, Ratusan Pejabat di Pacitan Dimutasi

Menjelang Lebaran, Ratusan Pejabat di Pacitan Dimutasi Bupati Pacitan Indartato saat melaksanakan pelantikan pejabat. foto: YUNIARDI S/ BANGSAONLINE

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Pacitan Indartato kembali melakukan bongkar-pasang pejabat di penghujung Ramadhan ini. Sedikitnya sebanyak 120 orang pejabat, baik struktural dan fungsional guru kena geser. Mereka tersebar di sejumlah OPD dan lembaga sekolah di Pacitan.

Kepala BP2KD setempat Fatkhur Rozi mengatakan, untuk pejabat eselon IV yang terkena mutasi ataupun promosi jabatan sebanyak 23 orang, eselon III 2 orang dan eselon II sebanyak 4 orang. Selain itu lingkup Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu ada 73 guru yang diberi tugas tambahan sebagai kepala sekolah, serta kepala sekolah yang dikembalikan sebagai guru.

"Dari SD sebanyak 62 orang dan SMP 11 orang. Selain itu juga ada pelantikan guru pratama sebanyak 4 orang dan 1 asesor sumber daya manusia yang ditugaskan di BP2KD," katanya, Kamis (7/6).

Sementara untuk level eselon II setara kepala badan/dinas, di antaranya Kepala Satpol PP yang semula dikendalikan Supardianto, digantikan oleh Widi Sumardji yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Diskominfo. Sedangkan Supardianto dimutasi sebagai Kepala Dispendukcapil.

Mutasi juga berlangsung di jajaran staf ahli bupati. Daryono, Staf Ahli Bupati Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan dipercaya mengendalikan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Ia menggantikan Marwan yang memasuki masa purna tugas. Sedangkan Kepala Diskominfo saat ini dipegang Rachmad Dwiyanto yang sebelumnya menjabat sebagai Staff Ahli Bupati Bidang Sosial Kemasyarakatan dan SDM.

Bupati Pacitan Indartato mengatakan berharap pergeseran ini membuat kinerja organisasi bisa berjalan lebih optimal. Terlebih bagi para guru agar bisa lebih berprestasi. Sebab menurutnya, angka lama sekolah di Pacitan hanya 6,5 tahun. 

Dia menyadari mutasi tersebut memang tak selamanya bisa diterima oleh semua. "Pro dan kontra hal yang wajar dalam setiap kebijakan. Karena itu mari kita syukuri apa yang ada. Yang terpenting bagaimana organisasi bisa berjalan lebih baik dalam memberikan pelayanan dan mensejahterakan masyarakat. Selamat bertugas ditempat yang baru," ujarnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO