Semen Indonesia Turut Lestarikan Desa Wisata Pinge Tabanan Lewat Bantuan Pembangunan

Semen Indonesia Turut Lestarikan Desa Wisata Pinge Tabanan Lewat Bantuan Pembangunan Ketua Adat Desa (Bendesa) Pinge, Denayase Made (67) menjelaskan bangunan di Desa Wisata. foto: ist

TABANAN, BANGSAONLINE.com - Peran (SI) (Persero) Tbk untuk melestarikan budaya peninggalan para leluhur, terus dilakukan. Salah satunya, dengan memberikan sumbangsi berupa bantuan agar sejarah peradaban di Indonesia tak punah.

Di antara warisan leluhur yang dibantu dan terus disupport SI agar tak punah adalah Desa Pinge Kecamatan Magah, Kabupaten Tabanan, Bali. Perusahaan pemroduksi semen terbesar di Indonesia ini berperan dalam pembangunan infrastruktur jalan poros desa dan sarana penunjang lain untuk menggeliatkan kunjung di desa yang mayoritas penduduknya bekerja sebagai petani tersebut.

Mengecor beton jalan poros di area gerbang selamat datang (pintu masuk) merupakan salah satu karya SI untuk memudahkan wisatawan berkunjung. Selain jalan, juga dibangun patung gajah seluas total 225 m2 serta flash concrete di area Balai Ekonomi Desa (Balkondes) seluas 546 m2.

Porous concrete adalah inovasi Perseroan dalam upaya mengatasi berkurangnya daerah serapan air, yang salah satu akibatnya adalah terjadinya banjir. Porous concrete dapat berfungsi sebagai pavement sekaligus sebagai serapan air untuk diteruskan ke dalam tanah dan membantu cadangan penyimpanan air tanah dan memperbaiki siklus hidrologi.

Sementara flash concrete merupakan solusi pengerjaan jalan dengan cepat dan tetap mempertahankan kualitas aplikasi. Flash concrete dapat dengan cepat membentuk strength, sehingga jalan yang diperbaiki dapat segera digunakan.

Ketua Adat Desa (Bendesa) adat Pinge, Denayase Made (67) menyatakan, PT. SI telah memberikan bantuan dengan membangun infrastruktur jalan poros desa. Setelah diresmikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno pada 2016 silam, Desa Pinge saat ini kian berkembang.

Banyak wisatawan yang mulai berkunjung. Baik wisatawan domestik maupun mancanegara

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO