Gubernur Lantik Empat Penjabat Bupati di Jatim

Gubernur Lantik Empat Penjabat Bupati di Jatim Pakde Karwo berfoto bersama para Penjabat (Pj) Bupati Bojonegoro, Probolinggo, Bangkalan, dan Sampang beserta istri.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak empat Penjabat (Pj) Bupati secara resmi dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Selasa (13/3) pagi.

Mereka itu, Pj Bupati Bojonegoro, Suprianto yang sehari-hari sebagai Asisten I Sekdaprov Jatim, Pj Bupati Probolinggo R. Tjahjo Widodo yang kesehariannya sebagai Kepala Baperwil Jember, Pj Bupati Bangkalan I Gusti Ngurah Indra Setiabudi Ranuh yang sehari-hari sebagai Kepala Badan Perwakilan Wilayah (Baperwil) Pamekasan serta Pj Bupati Sampang, Jonathan Judianto.

Para Penjabat Bupati tersebut menjabat di daerahnya paling lama satu tahun terhitung sejak tanggal dilantik. Mereka menggantikan bupati yang masa jabatannya berakhir.

Bupati Bojonegoro Suyoto masa jabatannya berakhir pada 12 Maret 2018, Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari (28 Februari 2018), Bupati Bangkalan Makmun Ibnu Fuad (4 Maret 2018), serta Bupati Sampang Fadhilah Budiono (26 Februari 2018).

Keempat daerah yang kini dipimpin Pj Bupati tersebut bersama 9 kabupaten dan kota lainnya akan menggelar pilkada serentak pada tanggal 27 Juni 2018. Di Jatim, jumlah keseluruhan pilkada sebanyak 13 kabupaten dan 5 kota, plus pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur.

Dalam sambutannya, Pakde Karwo - sapaan akrab Gubernur Jatim mengatakan, sesuai dengan UU No. 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, dilantiknya keempat pejabat eselon II di lingkup ini untuk menggantikan posisi bupati yang telah memasuki masa purna tugas sebelum digelar Pilkada serentak pada 27 Juni.

"Para Pj, sesuai ketentuan, diambilkan dari pejabat pimpinan tinggi pratama atau pejabat eselon II di lingkup ," jelasnya.

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO