Hibur Warga, Pemkab Sidoarjo Suguhkan Wayang Kulit di Pendopo

Hibur Warga, Pemkab Sidoarjo Suguhkan Wayang Kulit di Pendopo PERTUNJUKAN MULAI: Bupati Sidoarjo menyerahkan lakon pewayangan kepada dalang Ki Anom Suroto, Kamis (15/2) malam.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Sidoarjo menyuguhkan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Anom Suroto dari Surakarta Jawa Tengah, di Pendopo Delta Wibawa, Kamis (15/2) malam.

Pagelaran wayang kulit itu untuk memberikan hiburan gratis kepada masyarakat dalam rangka peringatan Hari Jadi ke-159 Kabupaten Sidoarjo. Masyarakat Sidoarjo berbondong-bondong ke pendopo untuk melihat pagelaran wayang kulit tersebut.

Ratusan kursi yang disediakan tidak mampu menampung banyaknya orang yang ingin melihat pagelaran wayang kulit semalam suntuk tersebut. Mereka pun rela duduk bersila dilantai pendopo.

Pagelaran wayang kulit ini dibuka oleh Bupati Sidoarjo Saiful Ilah. Wabup Sidoarjo Nur Ahmad Syaifuddin SH, Kapolresta Sidoarjo Kombespol Himawan Bayu Aji, Dandim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf. Fadli Mulyono ikut hadir menyaksikan. Selain itu hadir Panglima Komando Armatim R.I Kawasan Timur serta Danlantamal Surabaya.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah mengatakan pagelaran wayang kulit merupakan rangkaian hari jadi Kabupaten Sidoarjo ke 159 tahun 2018. Dalang kondang Ki Anom Suroto tiap tahun diundang untuk menghibur masyarakat Sidoarjo. Kali ini Ki Anom Suroto akan mementaskan pewayangan dengan lakon Dewaruci.

Kata Saiful, dalang Ki Anom Suroto sangat disukai masyarakat Sidoarjo. Permintaan untuk menghadirkannya dari masyarakat Sidoarjo sendiri. Untuk itu di setiap hari jadi Kabupaten Sidoarjo selalu mengundang dalang Ki Anom Suroto.

Penyerahan lakon pewayangan oleh bupati Sidoarjo kepada dalang Ki Anom Suroto menandai dimulainya pertunjukkan wayang kulit tersebut.

Dalam pagelaran tersebut masyarakat juga dihibur oleh para pelawak. Diantaranya Gareng dari Semarang, Wiwid dari Surakarta serta Cak Agus Kuprit, Cak Tawar dan Ning Marem dari Sidoarjo. Sebagai bintang tamu, aksi mereka mampu membuat penonton tertawa.

Selain dalang Ki Anom Suroto, penikmat pegelaran wayang kulit juga dihibur oleh dalang Ki Bayu Prasetyo Aji. Oleh karenanya masyarakat pencinta kesenian wayang kulit kemarin malam tidak melewatkan pertunjukkan tersebut. (sta/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO