Belajar Perikanan, Komisi B DPRD Tuban Studi Banding ke Banyuwangi dan Jember

Belajar Perikanan, Komisi B DPRD Tuban Studi Banding ke Banyuwangi dan Jember

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Komisi B DPRD Tuban melakukan kunjungan ke DPRD Kabupaten Banyuwangi dan Jember dalam rangka studi banding masalah perikanan, Kamis (18/1). Kegiatan itu langsung dipimpin oleh Rudi Harianto yang juga sebagai salah satu pimpinan DPRD Tuban.

Dalam kunjungan itu DPRD Tuban banyak menggali tentang berbagai usaha yang telah dilaksanakan oleh Kabupaten Banyuwangi dalam rangka mengembangkan usaha perikanan.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Banyuwangi Hary Cahyo yang ikut menerima rombongan menjelaskan tentang berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Kabupaten paling Timur dari Wilayah Provinsi Jawa Timur.

Menurutnya, secara geografis Banyuwangi tidak berbeda jauh dengan Tuban karena memilki wilayah pantai yang potensial. Garis pantai Banyuwangi lebih panjang dari Tuban yakni sekitar 175,8 km yang membujur sepanjang batas selatan timur serta memiliki pulau sejumlah 10 buah. “Alhamdulillah memang di sini pantainya sungguh potensial,” ujarnya.

"Di Kabupaten Banyuwangi dalam usaha pengelolaan TPI dilakukan berbagai upaya dalam kerangka pengentasan kemiskinan. Kegiatan proyek tahun-tahun sebelumnya dilakukan upaya penguatan kelembagaan Kelompok Usaha Bersama (KUB), pelatihan maupun melalui fasilitasi pemberian paket dengan sistem bergulir. Di antaranya adalah paket palkanisasi kapal perikanan, paket bergulir keramba jaring apung, pelatihan pengolahan ikan bagi wanita nelayan, serta bantuan sarana pengolahan ikan. Upaya-upaya tersebut secara riil sesungguhnya lebih menyentuh pada upaya meningkatkan aspek manajemen dan kinerja produksi baik kualitas maupun kuantitasnya, pada akhirnya diharapkan akan meningkatkan kapasitas dan kualitas produksi.," paparnya.

Bagi Banyuwangi, ini merupakan PR besar karena aspek pemasaran teramat penting karena menjadi titik kunci pengembangan suatu produk dan pertumbuhan suatu kawasan. Semakin besar peluang pemasaran suatu produk, semakin besar pula produk tersebut untuk berkembang. Dalam skala yang lebih besar akan membuka peluang semakin berkembang perekonomian di kawasan yang bersangkutan.

Ketua Komisi B DPRD Tuban Karjo menyatakan kegiatan ini merupakan wawasan penting yang nantinya akan disampaikan kepada eksekutif. "Harapan ke depan potensi-potensi yang ada di Kabupaten Tuban dapat segera dikembangkan dalam kerangka usaha pengentasan kemiskinan.
Semoga tentang hal ini dapat diterapkan di Kabupaten Tuban," katanya. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO