Warga Pamekasan Anti Pancasila: Pademawu, Pakong dan Pegantenan

Warga Pamekasan Anti Pancasila:  Pademawu, Pakong dan Pegantenan foto: sareangmadura.blogspot.com

PAMEKASAN(BangsaOnline)Kepala Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol Linmas) Kabupaten , Jawa Timur, Herman Kusnadi menyatakan ada kelompok masyarakat yang antipancasila di wilayah itu. Kelompok itu tersebar di 3 kecamatan.

"Kelompok ini berada di tiga kecamatan, yakni di Kecamatan Pakong, Pegantenan dan Kecamatan Pademawu," kata Herman seperti dikutip dari Antara, Jumat (15/8).

Herman menjelaskan bahwa adanya kelompok yang antipancasila ini berdasarkan temuan di lapangan serta informasi intelijen baik dari unsur TNI, Polri maupun Kejaksaan Negeri . Pihaknya juga telah menyampaikan keberadaan kelompok antipancasila tersebut dalam rapat forum pimpinan daerah agar menjadi perhatian pihak berwajib.

"Kesbangpol Linmas juga akan melakukan pengawasan khusus terhadap kelompok ini, guna memantau kemungkinan berkembang luasnya kelompok tersebut," terang Herman.

Hanya saja Herman tidak merinci alamat detail kelompok masyarakat yang antipancasila tersebut dengan alasan untuk kepentingan keamanan.

Sementara itu Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Lembaga Pengkajian dan Penerapan Syariat Islam (LP2SI) menyarankan Pemkab dan Forpimda melakukan pemantauan khusus terhadap keberadaan kelompok masyarakat yang antipancasila itu. Ketua LP2SI Moh Zahid menyatakan dasar negara serta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) sudah final dan merupakan harga mati.

"Keberadaan kelompok masyarakat yang menyatakan antipancasila berarti ancaman terhadap NKRI dan ini adalah tantangan," kata Zahid.

Selain ditemukan adanya kelompok masyarakat antipancasila, Kesbangpol Linmas juga menyatakan, telah mendeteksi keberadaan kelompok Islam garis keras yang saat ini pergi ke luar negeri ke sejumlah negara Islam yang dikenal berpaham garis keras, seperti Pakistan.

Sumber: merdeka.com

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO