Pasca Bencana, Okupansi Hotel di Pacitan Menurun Drastis

Pasca Bencana, Okupansi Hotel di Pacitan Menurun Drastis Salah satu kamar hotel di Pacitan.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Tak hanya animo kunjungan wisata yang merosot tajam usai terjadinya bencana banjir dan tanah longsor di Pacitan, tingkat hunian (okupansi) hotel dan penginapan juga mengalami hal yang sama. Terlebih penginapan-penginapan yang berlokasi di seputaran kawasan pantai, nyaris tak pernah ada tamu.

Rian, salah seorang petugas di salah satu hotel kenamaan di Pacitan mengungkapkan, biasanya saat menjelang Natal dan pergantian tahun, tingkat hunian di hotel tempatnya bekerja selalu meningkat. Bahkan sering kali ia harus menolak orderan tamu lantaran kapasitas kamar sudah overload.

"Namun libur Natal tahun ini bisa dibilang tidak ada tamu. Kalaupun ada biasanya hanya pelanggan tetap dari sejumlah loper‎," katanya, Sabtu (23/12).

Merosotnya tingkat hunian di banyak hotel kemungkinan lebih dipengaruhi adanya musibah bencana alam beberapa waktu lalu. Sehingga banyak wisatawan baik domestik maupun manca negara sementara waktu enggan datang ke Pacitan.

"Hari ini sudah ada 19 rombongan tamu yang meminta cancel pesanan kamarnya. Mereka sedianya hendak merayakan libur Natal dan pergantian tahun di Pacitan. Karena itu sejak lama sudah memesan kamar. Namun mereka meminta cancel karena takut untuk berkunjung ke Pacitan," pungkas dia. (yun/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO