PT Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Proper Hijau dari Kemen LHK

 PT Petrokimia Gresik Raih Penghargaan Proper Hijau dari Kemen LHK Menteri LHK Siti Nurbaya menyerahkan penghargan kepada Direktur Produksi PG I Ketut Rusnaya.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Setelah empat tahun berturut-turut (2013-2016) mendapat peringkat Biru dalam Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), PT Petrokimia Gresik (PG), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero) yang memiliki produk pupuk terlengkap di Indonesia, akhirnya berhasil meraih Proper Hijau tahun 2017.

Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri LHK Siti Nurbaya kepada Direktur Produksi PG I Ketut Rusnaya, disaksikan langsung Wakil Presiden Jusuf Kalla, di Istana Wakil Presiden RI, Gambir, Jakarta Pusat, Senin (18/12).

Direktur Produksi PG I Ketut Rusnaya menyampaikan, bahwa Proper merupakan program dan salah satu upaya dari Kementerian LHK untuk mendorong perusahaan di Indonesia agar taat dalam pengelolaan lingkungan hidup melalui instrumen informasi. 

Dalam penilaiannya, Proper memiliki lima peringkat yaitu Hitam (tidak memiliki dokumen dan izin lingkungan), Merah (ada upaya mengelola lingkungan namun belum sesuai peraturan), Biru (pengelolaan lingkungan sesuai dengan peraturan), Hijau (mengelola lingkungan lebih dari yang dipersyaratkan), Emas (Menunjukkan keunggulan lingkungan dalam proses produksi atau jasa, melaksanakan bisnis yang beretika, dan bertanggung jawab terhadap masyarakat).

“Ini adalah pengakuan dari pemerintah bahwa Petrokimia Gresik, sebagai industri kimia berteknologi canggih, telah menerapkan sistem manajemen lingkungan yang semakin baik setiap tahunnya,” ujar I Ketut Rusnaya usai menerima penghargaan di Jakarta.

Penilaian Proper Hijau ini, meliputi penilaian Sistem Manajemen Lingkungan, pengembangan masyarakat (community development), serta pemanfaatan sumber daya (efisiensi energi, pengurangan dan pemanfaatan limbah B3, pengurangan pencemaran udara, 3R Limbah Padat Non-B3, efisiensi air dan penurunan beban pencemaran air limbah, serta perlindungan keanekaragaman hayati).

Dengan perolehan peringkat Proper Hijau, PG bertekad untuk dapat mempertahankan dan meningkatkan pengelolaan lingkungannya hingga nanti mampu memperoleh kategori tertinggi, yaitu Proper Emas. 

Salah satu indikator untuk memperoleh Proper Emas adalah adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang fokus pada pemberdayaan berkelanjutan untuk menciptakan masyarakat yang mandiri.

Dalam kesempatan itu, I Ketut Rusnaya mewakili perusahaan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat sekitar atas dukungan yang baik selama ini. Perusahaan berharap dukungan ini terus berlanjut agar PG dapat beroperasi dengan baik, lancar, dan dapat menjalankan tugas utamanya dengan baik, yaitu menyalurkan pupuk bersubsidi untuk mendukung program ketahanan pangan nasional. (hud/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO