Gandeng Kementerian PUPR, Semen Gresik Gelar Sertifikasi Tukang Bangunan di Cilacap

Gandeng Kementerian PUPR, Semen Gresik Gelar Sertifikasi Tukang Bangunan di Cilacap Tukang bangunan yang mendapat sertifikat dari PT Semen Gresik.

CILACAP, BANGSAONLINE.com - Sebagai wujud kepedulian terhadap pengembangan kompentensi tukang bangunan di Cilacap, PT bekerjasama dengan Balai Jasa Konstruksi Wilayah IV Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat (PUPR) menyelenggarakan Pelatihan dan Sertifikasi Tukang Bangunan bertajuk Edutrain Jago Bangunan. Pelatihan ini digelar di Gedung Graha Pemuda Bercahaya pada 11-12 Desember kemarin dengan peserta sekitar 200 tukang bangunan.

Kepala Biro Penjualan Wilayah II , Moch Agus Arif, menjelaskan pelaksanaan pelatihan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada para tukang bangunan sebagai salah satu pelanggan.

"Kegiatan ini sangat penting karena dengan mendapatkan sertifikat melalui uji kompetensinya, akhirnya dapat meningkatkan daya saing mereka untuk memperoleh pekerjaan yang lebih baik dan berkelanjutan," kata Agus Arif.

Dengan berbekal sertifikasi resmi yang dikeluarkan oleh Lembaga Penyedia Jasa Konstruksi (LPJK) yang digandeng PT , lanjut Agus Arif, kompetensi tukang bangunan akan lebih dihargai. Sehingga, diharapkan memberikan kemudahan untuk memperoleh pekerjaan, bahkan untuk bekerja di proyek skala besar sekalipun.

Terlebih lagi, pemberlakuan Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) juga akan mengancam mata pencaharian para tukang bangunan lokal bila mereka tidak dibekali dengan kompetensi dan sertifikasi.

Sebelumnya, di tahun yang sama, juga telah mengadakan acara sejenis di berbagai kota di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Sumbawa. Acara ini rutin diselenggarakan sejak 10 tahun lalu dan mampu mencetak sebanyak 6.721 tukang bangunan bersertifikat.

"Melalui berbagai program pengelolaan komunitas tukang sejak tahun 2006, sampai dengan saat ini kami mampu memperoleh anggota komunitas tukang sebesar 19.000 orang yang tersebar di seluruh Indonesia, dan sebanyak 6.850 di antaranya telah tersertifikasi," bebernya.

Ia menambahkan, selain peduli terhadap para tukang bangunan, juga berperan pada pembangunan di Jawa Tengah. tergabung dalam Semen Indonesia Group yang merupakan perusahaan milik negara.

"Dengan kata lain, juga turut menyumbang pendapatan negara dan salah satunya digunakan untuk pembangunan nasional, termasuk di daerah Jawa Tengah ini. Di samping itu, berbagai proyek monumental di Jawa Tengah seperti jalan tol Semarang-Batang, jalan tol Semarang-Salatiga, PLTU Tanjung Jati Jepara juga menggunakan produk . mampu mendominasi pasar Cilacap dengan penguasaan pasar sebesar 40% dan mencatatkan pertumbuhan penjualan sebesar 7,5% pada kuartal III 2017 relatif terhadap periode yang sama tahun lalu," klaimnya.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan loyalitas para masyarakat Cilacap sehingga dapat menjadi produk semen pilihan utama di Cilacap," pungkasnya. (gun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO