Bantu Bibit untuk Petani Kedelai, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 1,1 Miliar

Bantu Bibit untuk Petani Kedelai, Pemkab Pasuruan Anggarkan Rp 1,1 Miliar

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Pemkab Pasuruan berencana memberikan bantuan bibit kedelai bagi para petani yang tersebar di beberapa kecamatan. Untuk mewujudkan program tersebut, Pemkab melalui Dinas Pertanian sudah menyiapkan anggaran Rp 1,1 miliar.

Jumlah anggaran tersebut rencananya akan digunakan untuk pembelian bibit hingga pupuk untuk pertanian kedelai.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pasuruan, Ihwan menyampaikan, bantuan tersebut dari pemerintah pusat. Bantuan bibit itu nantinya akan disebarkan untuk 1.000 hektar lahan pertanian di Kabupaten Pasuruan, khususnya wilayah Kecamatan Rembang.

"Kalau bantuan bibit ini rencananya akan diberikan kepada petani mangga yang masa panen mangganya akan berakhir. Sistemnya tumpang sari. Jadi, petani mangga bisa menggarap lahannya juga untuk menanam kedelai," kata Ihwan.

Dari 1.000 hektar lahan yang akan mendapat bantuan, setiap hektarnya akan disokong bantuan 50 kilogram bibit kedelai. "Total ada 50 ton bantuan bibit kedelai yang akan direalisasikan. Dananya mencapai Rp 1,1 miliar. Dana tersebut bukan hanya untuk bibit, tetapi juga untuk pupuk juga," sambungnya.

Bantuan bibit itu pun, tambah Ihwan, digulirkan dalam waktu dekat ini. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO