Ratusan Anggota PPK dan PPS di Pacitan Dilantik

Ratusan Anggota PPK dan PPS di Pacitan Dilantik Prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah anggota PPK dan PPS. foto: ist

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan anggota panita pemilihan kecamatan (PPK) dan panitia pemungutan suara (PPS) dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim dilantik dan diambil sumpahnya oleh Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Sabtu (25/11). Kegiatan tersebut diikuti sekitar delapan ratusan peserta yang meliputi PPK sebanyak 60 orang dan PPS 513 orang. Selebihnya merupakan tamu undangan.

Kegiatan pelantikan tersebut didasarkan pada ‎Surat Keputusan (SK) Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Pacitan NOMOR : O4 IHK.04.02-Kpt/3501 / KPU-Kab/XI/ 201 7 tentang Pengangkatan Anggota PKK dan SK No : 05/ HK. 04.02-Kpt/3051/KPU-Kab/XI/2017 tentang Pengangkatan PPS Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur tahun 2018.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pacitan, Damhudi, penyelenggara pemilu mempunyai peran sangat vital dalam proses pemilu. "Ada istilah, suara rakyat adalah suara Tuhan. Oleh karena itu Panitia Pemilu harus menjaga suara rakyat jangan sampai ternodai. Kami yakin PPK dan PPS yang dilantik mempunyai intregitas dan profesionalisme yang tinggi, sehingga akan tercipta pemilu yang bermartabat, jujur dan adil," tuturnya.

Karena saat ini sudah masuk tahap penyelenggaraan, Damhudi meminta agar para PPK dan PPS sudah siap bekerja. KPU sudah mengumumkan bagi para bakal calon yang melalui jalur perorangan, pendaftaran mulai dibuka sejak tanggal 25-29 November 2017.

"Oleh karena itu PPK dan PPS yang sudah dilantik akan segera menerima tugas. Sehingga kalau pada tanggal 25-29 November nanti ada yang menyerahkan dukungannya ke KPU, dan pada bulan Desember PPK dan PPS akan menerima foto copy dukungan. Itu harus dilakukan verifikasi faktual secara menyeluruh dan jangan hanya disampling. Berkaitan dengan hal itu, mulai saat ini segera lakukan koordinasi internal dan segera ditunjuk ketua PPK dan PPS," harap Damhudi.

Damhudi juga berpesan kepada seluruh anggota PPK dan PPS, agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, mandiri dan jujur. "Karena kejujuran merupakan integritas dalam pelaksanaan Pemilu, meskipun di lapangan nantinya akan banyak dijumpai adanya upaya intervensi dan tekanan-tekanan.‎ Guna mendukung suksesnya Pemilu, para anggota PPS dan PPK harus menguasai serta membangun skill dan teknis tentang alat peraga pemilu yang nanti akan dipasang di seluruh TPS di Pacitan. Selamat bekerja, semoga apa yang kita laksanakan ke depan selalu diridhoi Alloh SWT dan semoga kita diberikan kesuksesan, Pemilu dapat berjalan dengan tertib dan lancar," harapnya.

‎Pada kesempatan yang sama, Bupati Pacitan Indartato memberikan ucapan‎ selamat kepada seluruh anggota PPK maupun PPK yang baru saja dilantik. "Tugas PPK dan PPS membantu KPU dalam menyelenggarakan pemutakhiran data pemilih termasuk TPS dan DPT serta menyelenggarakan Pemilu mulai pemutakhiran sampai penghitungan," sebut bupati.

"Petugas PPK serta PPS adalah pahlawan demokrasi. Di tangan merekalah, bisa sukses atau tidaknya sebuah Pemilu.‎ Tujuan Pilkada adalah memilih pemimpin yang bisa mengayomi dan mensejahterakan rakyat. Maka dari itu pilihlah pemimpin yang sesuai dengan hati nurani.‎ Suksesnya Pemilu Gubernur dan Wakil Gubernur Jatim adalah suksesnya Rakyat Jawa- Timur‎," tandasnya. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO