DPUPR Blitar Targetkan Jembatan Kali Klatak Selesai 20 Desember 2017

DPUPR Blitar Targetkan Jembatan Kali Klatak Selesai 20 Desember 2017 Kerangka besi jembatan Kali Klatak roboh pasca diterjang luapan air.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umun dan Penataan Ruang (DPUPR) Kabupaten Blitar memastikan pembangunan jembatan Kali Klatak di Desa Serang, Kecamatan Panggungrejo selesai sebelum akhir tahun. Hal itu diungkapkan Kepala Bidang Jalan DPUPR, Sudarman.

Ia mengatakan, kontrak dengan rekanan untuk membangun jembatan kali Klatak juga hanya sampai bulan Desember. Dan berdasarkan koordinasi dengan rekanan, pihak rekanan menyanggupi untuk menyelesaikan proyek sesuai kontrak.

"Memang seharusnya selesai Desember sesuai kontrak. Target 20 Desember sudah selesai, dan sudah bisa digunakan," jelas Sudarman kepada wartawan, Senin (20/11).

Sudarman memastikan bahwa pada 20 Desember nanti proyek itu sudah selesai. Pertimbangannya karena sesuai dengan perencanaan, yakni di awal bulan Desember proses pengecoran akan dimulai. Proses pengecoran itu akan memakan waktu selama 20 hari.

"Dalam waktu 20 hari kerangka sudah padat dan bisa langsung dilepas. Kami optimis selesai, saat ini kamu juga terus melakukan pemantauan untuk pengerjaan jembatan kali Klatak," tegasnya.

Ditambahkan, pasca robohnya rangka besi saat proses pembangunan jembatan Jumat lalu, pihaknya langsung meminta pihak ketiga untuk segera memperbaiki kerusakan pada proyek itu. Termasuk mengganti kerangka besi yang roboh, dengan kerangka yang lebih kuat dan cocok digunakan di jembatan yang sering diterjang banjir.

''Sebelumnya, jenis perancah yang digunakan adalah metode scaffolding yang sangat rawan roboh dan hanyut saat terkena banjir. Padahal kondisi Kali Klatak airnya sering meluap dan banjir jika hujan," ungkap Sudarman.

Seperti diketahui kerangka besi jembatan kali Klatak yang terletak di Desa Serang Kecamatan Pangungrejo roboh diterjang luapan air saat proses pembangunan, Jumat (17/10) sore lalu. Robohnya kerangka bangunan jembatan penghubung antar desa itu terjadi akibat luapan air Kali Klatak karena hujan deras yang mengguyur daerah tersebut. (blt1/tri/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO