Miliki Modal Besar dan Pengalaman, Ipong Layak Dampingi Khofifah

Miliki Modal Besar dan Pengalaman, Ipong Layak Dampingi Khofifah Surokim Abdussalam, Pengamat Politik UTM, Bangkalan

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni dinilai pantas mendampingi Khofifah Indar Parawansa dalam kompetisi Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018. Sebab, Ipong yang juga pengusaha ini dinilai politisi senior yang sudah berpengalaman, pernah memimpin DPW PKB dan DPD Partai Gerindra Kalimantan Timur.

Bahkan, ia pernah menjadi pimpinan DPRD Provinsi Kaltim, sebelum memutuskan maju Pemilihan Bupati Ponorogo dan terpilih.

Pernyataan itu disampaikan pengamat politik dari Univers‎itas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan, Surokim Abdussalam.

"Yang pasti Ipong termasuk kepala daerah yg berhasil, memiliki modal ekonomi yang juga mapan. Yang paling penting dukungan dan akses Jakartanya kuat. Latar belakang sebagai politisi dan birokrat, juga asal se-wilayah mataraman. Saya pikir menjadi pertimbangan jika ia digandeng Khofifah," urai Surokim, Jumat (17/11).

Peneliti senior Surabaya Survey Center (SSC) ini menilai, Ipong mempunyai keunggulan dan daya saing yang bisa menutup kelemahan Khofifah di mataraman. Untuk itu, jika head to head dengan Azwar Anas menjadi menarik.

Namun demikian Ipong tentu butuh kerja ekstra keras mengingat Anas memiliki keunggulan di antaranya usia relatif lebih muda. "Khususnya pertarungan di daerah arek tentu membutuhkan prasyarat lain yang lebih kompetitif dan itu butuh ekstra usaha jika Ipong yang terpilih mendampingi khofifah," imbuhnya.

Surokim mengakui Anas terlihat masih leading jika dibanding dengan Ipong jika dilihat dari usia, popularitas, media darling, dan juga prestasi inovasi daerah.

"Karena itu, butuh ekstra kerja keras untuk bisa mengejar siapa pun yang mendampingi khofifah sebagai cawagub. Selain kriteria yang bisa diterima partai pengusung dan tim satelit Khofifah, juga harus melihat kompetitor, yakni pasangan GI," katanya.

"Ini yang membuat rumit dalam memilih pasangan Khofifah. Menurut saya Ipong bisa kompetitif di daerah Mataraman, tetapi butuh ekstra usaha keras untuk bisa meraih ceruk suara di wilayah arek dan Pandalungan serta Tapal Kuda," pungkasnya. (mdr/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO