Ini 15 Nama Cagub Potensial Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre

Ini 15 Nama Cagub Potensial Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre 15 Figur Potensial Cagub Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski duet Khofifah-Emil baru separuh masa jabatan memimpin Jawa Timur, namun publik sudah ramai membicarakan pilkada serentak 2024. Sejumlah nama disebut-sebut potensial memimpin provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut.

Terbaru, berdasarkan hasil FGD (Focus Group Discussion), Political Centre merilis sedikitnya ada 15 tokoh publik yang dianggap layak dan potensial bila maju dalam pertarungan pada mendatang.

Direktur Eksekutif Political Centre Ainur Rahman menjelaskan, bila dari FGD yang dilakukan oleh lembaganya, dari sekian tokoh yang menjadi perbincangan, akhirnya mengerucut pada 15 tokoh. Mereka dinilai berpotensi untuk maju dan bertarung dalam 2024.

"15 nama ini yang masuk radar kami. Mereka tokoh Jatim yang jelas rekam jejaknya. Bisa sebagai cagub atau cawagub," tutur Ainur, Rabu (2/6/2021).

Penetapan tokoh tersebut, lanjut Mantan Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang akrab disapa Ainur ini, yakni setelah melalui proses diskusi dan kajian yang panjang dalam FGD. Hal itu dengan mengacu pada beberapa hal, mulai ketokohan, pengalamannya dalam pemerintahan (legislatif ataupun eksekutif), serta progresnya dalam menjalankan kepemimpinan di tiap level masing-masing.

Pihaknya menetapkan 15 tokoh potensial sebagai calon gubernur (cagub) pada 2024. Pertama, Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), sebagai gubernur aktif yang masih baru menjabat periode pertama, tentu memiliki potensi untuk maju kembali sebagai cagub.

"Tinggal beliau pilihannya mau ke mana, lanjut memimpin Jatim atau naik level ke capres atau cawapres," terang Ainur.

Kedua, Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI). Mantan Wali Kota Surabaya ini memiliki pengalaman dalam memimpin Kota Surabaya selama dua periode. Kepemimpinannya juga dinilai sukses oleh banyak kalangan.

"Bukan hanya dianggap layak di Jatim, tapi namanya juga sering muncul sebagai cagub DKI Jakarta, dan bahkan juga masuk nominasi capres," papar pria peraih gelar magister administrasi publik di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya tersebut.

Ketiga, Emil Elestianto Dardak. Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim, Emil juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek. "Dan sekarang juga sebagai Plt. Partai Demokrat Jatim," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO