Kamis, 29 Juli 2021 10:23

Ini 15 Nama Cagub Potensial Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre

Rabu, 02 Juni 2021 21:09 WIB
Editor: Nizar Rosyidi
Wartawan: M. Didi Rosadi
Ini 15 Nama Cagub Potensial Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre
15 Figur Potensial Cagub Jatim 2024 Hasil FGD Political Centre. (foto: ist)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Meski duet Khofifah-Emil baru separuh masa jabatan memimpin Jawa Timur, namun publik sudah ramai membicarakan pilkada serentak 2024. Sejumlah nama disebut-sebut potensial memimpin provinsi paling timur di Pulau Jawa tersebut.

Terbaru, berdasarkan hasil FGD (Focus Group Discussion), Political Centre merilis sedikitnya ada 15 tokoh publik yang dianggap layak dan potensial bila maju dalam pertarungan pada Pilgub Jatim mendatang.

Direktur Eksekutif Political Centre Ainur Rahman menjelaskan, bila dari FGD yang dilakukan oleh lembaganya, dari sekian tokoh yang menjadi perbincangan, akhirnya mengerucut pada 15 tokoh. Mereka dinilai berpotensi untuk maju dan bertarung dalam Pilgub Jatim 2024.

"15 nama ini yang masuk radar kami. Mereka tokoh Jatim yang jelas rekam jejaknya. Bisa sebagai cagub atau cawagub," tutur Ainur, Rabu (2/6/2021).

BACA JUGA : 

Hari Anak Nasional 2021, 67 Anak Didik Pemasyarakatan di Jatim Dapat Remisi

Peduli Covid-19, Baznas Jatim Gerak Cepat Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak

Ringankan Beban Masyarakat, Gubernur Khofifah Kembali Gratiskan Biaya Sewa 4 Rusunawa

F-PG DPRD Jatim: Vaksin Berbayar Bakal Bantu Kejar Target Herd Immunity

Penetapan tokoh tersebut, lanjut Mantan Aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia yang akrab disapa Ainur ini, yakni setelah melalui proses diskusi dan kajian yang panjang dalam FGD. Hal itu dengan mengacu pada beberapa hal, mulai ketokohan, pengalamannya dalam pemerintahan (legislatif ataupun eksekutif), serta progresnya dalam menjalankan kepemimpinan di tiap level masing-masing.

Pihaknya menetapkan 15 tokoh potensial sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilgub Jatim 2024. Pertama, Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), sebagai gubernur aktif yang masih baru menjabat periode pertama, tentu memiliki potensi untuk maju kembali sebagai cagub.

"Tinggal beliau pilihannya mau ke mana, lanjut memimpin Jatim atau naik level ke capres atau cawapres," terang Ainur.

Kedua, Tri Rismaharini (Menteri Sosial RI). Mantan Wali Kota Surabaya ini memiliki pengalaman dalam memimpin Kota Surabaya selama dua periode. Kepemimpinannya juga dinilai sukses oleh banyak kalangan.

"Bukan hanya dianggap layak di Jatim, tapi namanya juga sering muncul sebagai cagub DKI Jakarta, dan bahkan juga masuk nominasi capres," papar pria peraih gelar magister administrasi publik di Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) Surabaya tersebut.

Ketiga, Emil Elestianto Dardak. Selain saat ini menjabat sebagai Wakil Gubernur Jatim, Emil juga pernah menjabat sebagai Bupati Trenggalek. "Dan sekarang juga sebagai Plt. Partai Demokrat Jatim," ungkapnya.

Kemudian, Ainur juga menyebut ada nama Hasan Aminuddin yang memiliki pengalaman cukup panjang dalam dunia politik di Jawa Timur. "Pak Hasan ini pernah DPRD Probolinggo, Bupati Probolinggo dua periode, saat ini juga anggota DPR RI, jadi kemampuan beliau juga sudah tidak diragukan lagi," jelasnya.

Selanjutnya, juga ada nama Abdul Halim Iskandar. Politikus yang akrab disapa Gus Halim atau Gus Menteri itu saat ini menjabat sebagai Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi. Selain itu, juga pernah menjabat Ketua DPRD Jatim, dan masih aktif sebagai Ketua DPW PKB Jatim.

Ainur menyebutkan sosok berikutnya, yakni Saifullah Yusuf yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Pasuruan. Sebelumnya, politikus yang akrab disapa Gus Ipul itu pernah menjabat Wakil Gubernur Jawa Timur selama dua periode berturut-turut.

Berikutnya, kata Ainur, ada nama Heru Tjahjono. Pria yang saat ini menjadi Plh. Sekda Provinsi Jawa Timur ini memiliki pengalaman yang panjang dalam dunia birokrasi. Tidak hanya itu, Heru juga pernah menjabat sebagai Bupati Tulungagung selama dua periode.

Ainur lalu menyebutkan nama Ridwan Hisjam. Politikus Senior Partai Golkar yang saat ini menjabat sebagai Anggota DPR RI tersebut juga memiliki pengalaman politik yang cukup panjang, bahkan pernah bertarung dalam Pilgub Jatim yang maju berpasangan dengan Almarhum Sutjipto, Ridwan Hisjam maju sebagai cawagub dalam Pilgub Jatim 2008 lalu.

Sosok Achsanul Qosasi juga masuk dalam nominasi, Mantan Anggota DPR RI tersebut saat ini sedang menjabat sebagai Anggota BPK RI. Pria kelahiran Sumenep, Madura ini selain berkiprah dalam dunia politik juga aktif memimpin klub sepak bola profesional di Madura.

Tak kalah menariknya, juga muncul nama MH. Said Abdullah, Politikus PDI Perjuangan yang saat ini menjabat sebagai Ketua Banggar DPR RI. Dia juga pernah maju dalam gelaran Pilgub Jatim 2013 berpasangan dengan Bambang DH.

Berikutnya, Anwar Sadad. Wakil Ketua DPRD Jatim dan sekaligus Plt. Ketua Partai Gerindra Jatim ini juga pengalamannya di dunia politik cukup matang, menjabat Anggota DPRD Jatim sudah beberapa periode mulai PKB, PKNU, hingga berlabuh di Partai Gerindra.

Selain itu, ada nama Muhammad Sarmuji, Anggota DPR RI ini juga menjabat sebagai Ketua DPD Partai Golkar Jatim. Kemudian ada Baddrut Tamam, saat ini Bupati Pamekasan. Lalu, K.H. Ach Fadil Muzakki Syah, Anggota DPR RI, putra K.H. Achmad Muzakki Syah, Pengasuh Pondok Pesantren Al Qodiri Jember. Terakhir adalah Thoriqul Haq, saat ini menjabat Bupati Lumajang.

Saat ditanyakan terkait banyak tokoh yang dimunculkan, Ainur menjawab dengan diplomatis. "Ini menunjukkan bahwa Jatim memiliki banyak stok pemimpin, dan itu bagus karena memberikan banyak pilihan ke masyarakat," pungkasnya. (mdr/zar)

Warga Sambisari dan Manukan Kulon Menolak Sekolah Dijadikan Tempat Isolasi Pasien Corona
Senin, 26 Juli 2021 19:36 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Korban Covid-19 yang terus berjatuhan mendorong Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya memperluas tempat isolasi pasien yang sedang terpapar virus corona. Berbagai fasilitas gedung – termasuk sekolah – direncana...
Kamis, 15 Juli 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Ini ide baru. Untuk menyiasati pandemi. Menggelar resepsi pernikahan di dalam bus. Wow.Lalu bagaimana dengan penghulunya? Silakan baca tulisan wartawan terkemuka Dahlan Iskan di  Disway, HARIAN BANGSA dan B...
Selasa, 27 Juli 2021 06:32 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Mayat korban covid yang perlu dibakar – sesuai keyakinan mereka – terus bertambah. Bahkan menumpuk. Sampai perusahaan jasa pembakaran mayat kewalahan. Celakanya, hukum kapitalis justru dipraktikkan dalam pe...
Kamis, 15 Juli 2021 12:37 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*66. Qaala lahu muusaa hal attabi’uka ‘alaa an tu’allimani mimmaa ‘ullimta rusydaanMusa berkata kepadanya, “Bolehkah aku mengikutimu agar engkau mengajarkan kepadaku (ilmu yang benar) yang telah diajark...
Sabtu, 17 Juli 2021 10:23 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...