Kamis, 02 April 2020 15:13

​Lagi, PBNU Bekukan PWNU, Kali Ini PWNU Riau Dicaretaker

Sabtu, 28 Oktober 2017 10:05 WIB
​Lagi, PBNU Bekukan PWNU, Kali Ini PWNU Riau Dicaretaker
SK PBNU yang berisi pembekuan PWNU Riau.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) kembali membekukan Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU). Kali ini yang jadi sasaran pembekuan adalah PWNU Riau. Sebelumnya PBNU juga membekukan PWNU Banten dan PCNU Batam.

PWNU Riau dibekukan lewat Surat Keputusan PBNU bernomor: 191/A.II.04/10/2017 sekaligus penunjukan dan pengesahan caretaker PWNU Provinsi Riau.

Surat SK pembekuan ini kini beredar di grup-grup WA kiai dan kader NU se-Indonesia.

Namun Rais Syuriah PWNU Riau KH Dr Hajar Hasan hingga kini mengaku belum menerima surat SK pembekuan itu. "Saya gak tahu suratnya," katanya kepada bangsaonline.com (Sabtu, 28/10/2017).

Ketika bangsaonline.com menunjukkan surat SK pembekuan yang beredar di grup WA kader NU ia mengakui kebenarannya. “Ya, katanya dikirim ke cabang (PCNU-red). Berarti sekarang sudah dibuka (disebar-red),” tegasnya.

Tak dijelaskan apa kesalahan PWNU Riau dalam SK pembekuan tersebut. Dalam SK pembekuan itu hanya dijelaskan memperhatikan usulan sebagian besar PCNU yang meminta pembentukan caretaker PWNU Riau. Juga disebutkan PBNU membekukan PWNU Provinsi Riau dan membubarkan pengurusnya dengan ucapan terimakasih atas pengabdiannya.

Surat SK pembekuan itu bertanggal 16 Oktober 2017 ditandatangani Prof Dr KH Ma’ruf Amin (Rois Aam), KH Yahya Cholil Staquf (Katib Aam), Prof Dr KH Said Aqil Siroj, MA (Ketua Umum) dan A Helmy Faishal Zaini (Sekretaris Jenderal).

Dalam surat caretaker tersebut disebutkan bahwa H Robikin Emhas, SH, MH ditunjuk sebagai ketua didampingi dua wakil ketua yaitu KH Abdul Manan Ghani dan Dr KH Muhammad Aqil Irham. Sedang untuk sekretaris caretaker ditunjuk Ishfah Abdal Aziz, SH dan T Rusli Ahmad.

Menurut Kiai Hajar Hasan, bisa jadi pembekuan ini terkait dengan sikap PWNU Riau saat Muktamar NU ke-33 di Jombang. PWNU Riau memang mendukung KH Ir Salahuddin Wahid (Gus Solah) sebagai calon ketua umum Tanfidziyah PBNU. Sedang untuk calon Rais Aam Syuriah, PWNU Riau sepakat mendukung KH A Hasyim Muzadi (almarhum).

PWNU dan PCNU yang dibekukan seperti PWNU Banten dan PCNU Batam juga mendukung Gus Solah yang merupakan cucu pendiri NU Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari sebagai ketua umum PBNU. (tim)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 28 Maret 2020 14:13 WIB
Oleh: M Cholil NafisSaat saya wawancara di TV atau radio banyak pertanyaan tentang hadits yang menyebutkan bahwa orang yang meninggalkan jum’atan tiga kali berturut-turut jadi keras hatinya bahkan ada yang menyebut kafir dan wajib bersyahadat kemba...
Sabtu, 28 Maret 2020 23:26 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*85. Wayas-aluunaka ‘ani alrruuhi quli alrruuhu min amri rabbii wamaa uutiitum mina al’ilmi illaa qaliilaan.Dan mereka bertanya kepadamu (Muhammad) tentang ruh. Katakanlah, “Ruh itu termasuk urusan Tuhanku,...
Jumat, 20 Maret 2020 00:31 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...