Semanggi Suroboyo Diinstankan, Pernah Sabet Kuliner Bisnis Terbaik

Semanggi Suroboyo Diinstankan, Pernah Sabet Kuliner Bisnis Terbaik Aminah dan Produk Selendang Semanggi miliknya. Berkat karyanya, wanita lulusan SMP ini menjadi entrepreneur inovatif. foto: Disna/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Adalah Aminah (39) warga Kampung Sawo, Sambikerep, Surabaya sukses raup omzet jutaan rupiah tiap hari, dengan cara memasarkan kuliner khas Surabaya, yakni Semanggi Suroboyo. Semangginya memang biasa, tapi Semanggi Aminah ini dibikin instan. Yuk simak bagaimana bentuk Semanggi instan ini...

“Awalnya inovasi saya agar Semanggi Suroboyo bisa diproduksi secara instan, sehingga bisa dijadikan oleh-oleh orang di luar kota, dan bisa dimasak di rumah,” papar Aminah.

Bahan dasar Semanggi Suroboyo, untuk selanjutnya disebut sebagai pecel Semanggi, adalah Daun Semanggi. Dalam penyajiannya, dilengkapi kecambah, daun kangkung, dan disiram dengan bumbu pecel berbahan dasar ketela, bersama campuran ketela rambat. Sebagai pelengkap ditambahkan kerepuk gendar/puli.

Pecel Semanggi non instan, biasanya dijajakan ibu-ibu keliling kampung dengan cara digendong sehingga disebut juga dengan Semanggi Gendong.

Aminah pun kemudian berpikiri mengubah Semanggi Suroboyo menjadi kemasan dan terkesan modern. Memang, Aminah sebelumnya adalah pengepul sekaligus pedagang Semanggi keliling. Dagangannya kerap tidak habis, sehingga membuat dagangan yang tidak laku dibuang begitu saja.

Dia pun berpikir untuk mengeringkan daun semanggi supaya awet mela;ui berbagai macam uji coba. Akhirnya pada 28 November 2015, dia berhasil membuat produk Semanggi Suroboyo instan.

“Uji cobanya saya tes, dari bumbu dan semanggi yang saya jadikan instan, kuat bertahan berapa lama. Awalnya hanya bisa bertahan satu minggu, saya coba lagi akhirnya seperti yang sekarang, mampu bertahan 1,5 bulan, dan saya pastikan tanpa bahan pengawet,” kata Aminah.

Produk yang diberi nama Selendang Semanggi buatan Aminah ini adalah kuliner khas Surabaya yang diproses secara alami, sehingga dapat dikonsumsi secara instan.

Selendang Semanggi diklaim sebagai produk kaya maafaat, dihadirkan dengan kemasan yang elegan. Satu paket yang terdiri dari daun semanggi kering, kerupuk puli, dan bumbu semanggi dapat langsung dimasak sendiri oleh konsumen dirumah dengan mudah dan cepat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO