Gresik Kembali Raih Penghargaan IAIA Sebagai Kabupaten Terbaik 2017

Gresik Kembali Raih Penghargaan IAIA Sebagai Kabupaten Terbaik 2017 Bupati Sambari ketika menerima penghargaan IAI dari Asisten Deputi PKPSIPB Kemenpan-RB Muhammad Imnuddin. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Gresik kembali menorehkan prestasi gemilang di tingkat nasional. Kali ini Kabupaten Gresik kembali dinobatkan sebagai salah satu kabupaten terbaik se-Indonesia dalam ajang Indonesia Attractiveness Index Award (IAIA) tahun 2017.

Penghargaan diberikan secara langsung oleh Muhammad Imnuddin selaku Asisten Deputi Perumusan Kebijakan dan Pengelolaan Sistem Informasi Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Bupati Gresik Dr. H. Sambari Halim Radianto bertempat di Java Ball Room Hotel Westin Jakarta Pusat, Jumat (29/9/2017).

Kabag Humas dan Protokol Suyono yang turut mendampingi Bupati usai menerima penghargaan menyatakan bahwa pertumbuhan investasi, pembangunan insfrastruktur, pengembangan sektor pariwisata, serta kepuasan pelayanan publik menjadi dasar pemberian penghargaan ini.

Beberapa sektor tersebut berjalan dengan baik dan berkontribusi secara langsung terhadap pembangunan daerah, sehingga memberikan dampak positif bagi pertumbuhan ekonomi, terciptanya lapangan pekerjaan, peningkatan pendapatan daerah, juga sekaligus bisa menaikkan tingkat konsumsi masyarakat di daerah.

“Pengukuran IAI 2017 menggunakan empat dimensi yaitu investasi, insfrastruktur, pariwisata dan pelayanan publik. Seluruh dimensi penilaian dilakukan berdasarkan data sekunder dan data primer. Kecuali pelayanan publik yang dinilai berdasarkan data primer,” ujar Suyono.

Ditegaskan Suyono, bahwa data sekunder untuk dimensi investasi, insfrastruktur dan pariwisata berasal dari berbagai instansi seperti BKPM, BPS, Bank Indonesia dan kementerian. Sedangkan untuk data primer dilakukan dengan cara mystery calling terhadap 12 institusi di masing-masing kota/kabupaten.

“Dari data yang berhasil dihimpun oleh tim penilai, Gresik dinyatakan lolos verifikasi dan akhirnya meraih penghargaan Indonesia Attractiveness Index Award 2017,” paparnya.

Sementara Bupati Sambari Halim Radianto menjelaskan, bahwa dari sisi pertumbuhan ekonomi, tahun ini Gresik masih jadi salah satu yang terbaik. “Pada tahun 2016, pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Gresik mencapai angka 6,58 persen atau di atas rata-rata nasional maupun provinsi,” ujar Sambari.

Kepala daerah asal Kecamatan Dukun Gresik ini juga mengatakan bahwa dari sektor pendapatan domestik regional bruto (PDRB), sampai saat ini angkanya sudah mencapai Rp 83 triliun per tahun.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO