Berawal Bakar Sampah, Lahan Hutan di Desa Tanjungsari Pacitan Ludes Dilalap Api

Berawal Bakar Sampah, Lahan Hutan di Desa Tanjungsari Pacitan Ludes Dilalap Api Kondisi lahan hutan yang masih dilalap api.

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Gara-gara membakar sampah, lahan hutan hak seluas hampir satu hektar lebih yang berlokasi di Dusun Kebonredi, Desa Tanjungsari, Kecamatan/Kabupaten Pacitan, ludes dilalap si jago merah. Dugaan penyebab kebakaran lahan tersebut mengarah pada keteledoran.

Babinsa Tanjungsari, Kopral Satu (Koptu) Joko Sudarmadi menuturkan, kebakaran di bukit penuh pepohonan jati itu diduga disebabkan karena warga yang membakar sampah di tepi jalan. Oleh warga, api ditinggalkan begitu saja. Karena banyak dedaunan kering, api pun cepat merambat.

"Total luasan mencapai satu hektare. Penyebabnya diduga karena warga bakar sampah tapi tidak ditunggui. Sementara banyak daun kering," terangnya.

Beruntung, api cepat diketahui warga setempat, sehingga sambaran api masih bisa dikendalikan. Joko yang mendapat laporan langsung menuju lokasi dan membantu pemadaman api bersama warga setempat. Pemadaman dilakukan tanpa air. Sebab, medan titik kebakaran yang berupa bukit sulit dilalui.

"Coba dipadamkan secara manual tanpa air. Hanya diserak-serakkan pakai kayu," ujarnya.

Hembusan angin yang kencang dan medan yang sulit memperparah kebakaran. Hingga berita ini ditulis, api belum berhasil dipadamkan. Akses menuju lokasi kebakaran juga menyulitkan mobil pemadam. Sebab, lebar jalan tak lebih dari lima meter. "Untuk sementara kami berusaha memadamkan dibantu warga. Angin kencang dan titik kebakaran susah didaki," jelasnya.‎ (pct1/yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO