Desa Kupuk Ponorogo Gelar Pesta Rakyat dalam Rangka Grebeg Selo

Desa Kupuk Ponorogo Gelar Pesta Rakyat dalam Rangka Grebeg Selo Suasana wayangan di Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal. foto: novi/BANGSAONLINE

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Guna melestarikan budaya kearifan lokal sebagai wujud rasa syukur dalam rangka Grebeg Selo, Desa Kupuk, Kecamatan Bungkal gelar pesta rakyat.

Dalam pesta rakyat tersebut diselenggarakan beberapa kegiatan yang diawali dengan tasyakuran sedekah bumi, istigosah, reyog, seni gajah-gajahan, unta, seni jaranan Turonggo Wulung, kirab geni panguripan, hingga cethik geni tobong.

Dan puncak acaranya digelar wayang kulit semalam suntuk dengan dalang Ki Sigit Ariyanto dari rembang. Selain itu juga menampilkan bintang tamu sinden cilik niken salindri dari blitar dan jo klithik jo kluthuk. Ribuan masyarakat desa kupuk tumplek blek di lapangan desa guna menyaksikan tontonan pagelaran wayang kulit tersebut.

Kades Kupuk, Agus Setyono yang akrab dipanggil Agustino dalam sambutannya mengatakan bahwa giat Pesta Rakyat dalam rangka Grebeg Selo ini sudah menjadi agenda rutin tiap tahun. Selain bertujuan untuk bentuk ucapan rasa syuku ragar desa dan masyarakat selalu diberi kesejahteraan, hasil pertanian perkebunan melimpah gemah ripah loh jinawi dan juga meningkatkan destinasi wisata supaya desa kupuk lebih dikenal masyarakat luas.

"Banyak destinasi wisata yang ada di desa kupuk selain alam, juga ada kuliner, produk unggulan pembuatan genteng, dan juga wisata religi, wisata budaya. Desa kupuk memiliki beraneka ragam produk unggulan home industri," terang Agustino.

"Kemeriahan kegiatan pesta rakyat dalam rangka grebeg selo 2017 ini tidak lepas dari dukungan pemerintah desa kupuk beserta masyarakat secara antusias sangat mendukung dan mensukseskan kegiatan ini," imbuh Agus.

Tampak hadir dalam puncak kegiatan wayang kulit semalam suntuk ini, yakni Kepala Dinas Pariwisata,Sapto Djatmiko, Muspika, dan ketua paguyuban kepala desa kabupaten Ponorogo. (nov/ros)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO