Senin, 23 Oktober 2017 20:29

Lima Bulan Terus Berhutang, Hasniah Terharu Terima Bansos PKH

Sabtu, 10 Juni 2017 01:26 WIB
Lima Bulan Terus Berhutang, Hasniah Terharu Terima Bansos PKH

TOLI-TOLI, BANGSAONLINE.com - Hasniah (37), warga Desa Tende, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli-Toli tidak bisa menyembunyikan raut wajah haru saat menerima bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (PKH), Jumat (9/6).

Lima bulan sudah, ibu dari tiga orang anak itu "bergerilya" dari rumah tetangga yang satu ke rumah tetangga yang lain guna berhutang. Dari kios yang satu, ke kios lainnya untuk sekedar mendapatkan satu kilogram beras.

Maklum, selama lima bulan suaminya tidak memperoleh penghasilan sama sekali dari pekerjaannya yang cuma sebagai buruh tani.

"Lauk seadanya, yang penting ada nasi. Itu juga untuk makan satu kali sehari. Yang penting anak-anak," ungkap Hasniah.

Banjir yang menyerang Toli-Toli 3 Juni lalu semakin menambah kesedihannya. Tidak sedikit perabotan rumah tangganya yang rusak akibat banjir. Persediaan kayu bakarnya pun hanyut dibawa banjir setinggi dada orang dewasa itu. Beruntung, seluruh keluarganya selamat.

Menurut Hasniah, meskipun jumlah bantuan tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan rumah tangganya, tapi setidaknya bisa meringankan beban hidupnya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan sekolah tiga orang anaknya.

"Tiga-tiganya sekolah dan butuh uang banyak. Rencana uang ini untuk saya belikan baju sekolah dan buku tulis anak-anak. Sisanya untuk beli beras sama garam. Alhamdulillah banget," ujarnya lirih.

Senada, Rosmintan (36) warga Kecamatan Galang, mengatakan bantuan sosial yang disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial sangat membantu. Terlebih warga Toli-Toli baru saja mendapat musibah banjir besar.

"Cari kerja di sini susah, penghasilan minim, paling saat musim cengkeh atau padi saja. Suami saya cuma serabutan, kadang dapat uang kadang tidak sama sekali," imbuh ibu lima orang anak ini.

Sementara itu, Kementerian Sosial mengucurkan bantuan sosial senilai Rp 422 Miliar bagi Provinsi Sulawesi Tengah. Sedangkan Kabupaten Toli-Toli mendapat jatah sejumlah Rp 30,7 Miliar yang terdiri dari PKH Non Tunai Rp 10,1 Miliar untuk 5.372 keluarga, Beras Sejahtera (Rastra) Rp 20,4 Miliar untuk 14.888 keluarga, dan Bansos Lansia senilai Rp 140 juta untuk 70 jiwa.

Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya berpesan agar warga menggunakan bantuan tersebut sesuai peruntukkannya. Jangan sampai digunakan untuk kebutuhan konsumtif yang tidak berdampak pada peningkatan kualitas hidup.

"Pesan pak Presiden jelas jangan gunakan bansos untuk beli rokok dan pulsa kalau tidak ingin dicoret dari daftar penerima bantuan," ujarnya.

Menurutnya, bansos yang diberikan dalam jangka pendek memang diperuntukkan guna mengurangi beban rumah tangga sangat miskin, sementara jangka panjang diharapkan dapat memutus mata rantai kemiskinan antar generasi.

"Jangan sampai bapaknya lulusan SD, anaknya juga cuma sampai SD. Makanya dalam bansos PKH diberikan bantuan untuk siswa sekolah. Tolong digunakan sebaik-baiknya," imbuhnya. (*)

Sumber: *Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI
Oleh: Suparto Wijoyo
Rabu, 18 Oktober 2017 18:43 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo. . .             HARI-hari ini Jawa Timur menorehkan geliat mengaduk semangat menjemput mandat pemegang kuasa yang kini sedang ditimang dapat tinggal di Gedung Negara Grahadi. Pilgub Jatim mengg...
Jumat, 13 Oktober 2017 13:51 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Nama surah ...
Minggu, 24 September 2017 04:49 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 September 2017 12:08 WIB
VANCOUVER, BANGSAONLINE.com - Penyanyi pop muslim Mozhdah Jamalzadah membuat kegaduhan warganet dengan memosting foto selfie dengan latar belakang monitor yang menggambarkan adegan film bokep.Dia pun langsung dikutuk oleh fansnya. Mereka sang...