Lima Bulan Terus Berhutang, Hasniah Terharu Terima Bansos PKH

Lima Bulan Terus Berhutang, Hasniah Terharu Terima Bansos PKH

TOLI-TOLI, BANGSAONLINE.com - Hasniah (37), warga Desa Tende, Kecamatan Galang, Kabupaten Toli-Toli tidak bisa menyembunyikan raut wajah haru saat menerima bantuan sosial non tunai Program Keluarga Harapan (), Jumat (9/6).

Lima bulan sudah, ibu dari tiga orang anak itu "bergerilya" dari rumah tetangga yang satu ke rumah tetangga yang lain guna berhutang. Dari kios yang satu, ke kios lainnya untuk sekedar mendapatkan satu kilogram beras.

Maklum, selama lima bulan suaminya tidak memperoleh penghasilan sama sekali dari pekerjaannya yang cuma sebagai buruh tani.

"Lauk seadanya, yang penting ada nasi. Itu juga untuk makan satu kali sehari. Yang penting anak-anak," ungkap Hasniah.

Banjir yang menyerang Toli-Toli 3 Juni lalu semakin menambah kesedihannya. Tidak sedikit perabotan rumah tangganya yang rusak akibat banjir. Persediaan kayu bakarnya pun hanyut dibawa banjir setinggi dada orang dewasa itu. Beruntung, seluruh keluarganya selamat.

Menurut Hasniah, meskipun jumlah bantuan tidak bisa menutupi seluruh kebutuhan rumah tangganya, tapi setidaknya bisa meringankan beban hidupnya. Terutama dalam memenuhi kebutuhan sekolah tiga orang anaknya.

"Tiga-tiganya sekolah dan butuh uang banyak. Rencana uang ini untuk saya belikan baju sekolah dan buku tulis anak-anak. Sisanya untuk beli beras sama garam. Alhamdulillah banget," ujarnya lirih.

Senada, Rosmintan (36) warga Kecamatan Galang, mengatakan bantuan sosial yang disalurkan pemerintah melalui Kementerian Sosial sangat membantu. Terlebih warga Toli-Toli baru saja mendapat musibah banjir besar.

Sumber: *Biro Hubungan Masyarakat Kementerian Sosial RI

Lihat juga video 'Marah Lagi! Mensos Risma Bentak-Bentak Pendamping PKH, ini Tanggapan Gubernur Gorontalo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO