Senin, 20 November 2017 02:39

Waspada, Penyakit Difteri Bisa Sebabkan Kematian

Rabu, 10 Mei 2017 00:32 WIB
Wartawan: Ahmad Habibi
Waspada, Penyakit Difteri Bisa Sebabkan Kematian

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini tergolong sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Data yang dimiliki Bangsaonline.com dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan menyebutkan jumlah warga yang terserang penyakit berbahaya ini pada 2016 sebanyak 23 orang. Rata-rata penderita penyakit difteri adalah Balita serta anak-anak usia di bawah 15 tahun.

“Untuk tahun 2016 warga Kabupaten pasuruan yang terserang sebanyak 23 orang. Tapi tidak sampai meninggal dunia karena berhasil disembuhkan,” jelas Dr Agung Basuki pada Bangsaonline.com.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Kasi Survelen dan Imunisasi, Abd Rohman SKM. "Anak-anak dan balita memang rentan sekali terserang penyakit difteri akibat kekebalan tubuh lemah karena mungkin imunisasi tidak lengkap. Sejatinya penyakit tersebut meskipun berbahaya dan bisa disembuhkan dengan cara imunisasi, juga harus diimbangi dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae yang memiliki masa inkubasi dua hingga lima hari. Gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit ini biasanya diawali dengan susah menelan atau amandel, demam dan menggigil, sakit tenggorokan, suara serak, sulit bernapas atau napas yang cepat, pembengkakan kelenjar limfa pada leher, lemas dan lelah.

"Bila mendapat gejala tersebut, masyarakat harus segera ke dokter agar diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi," pungkasnya. (bib/par/rev)

Oleh: Charirie Makmun
Minggu, 19 November 2017 16:53 WIB
Oleh: Charirie Makmun* Syeikh Romadhon al Buthi, ulama besar Aswaja beraqidah Asy'ariyah dan bermadzhab Syafi'i ketika beliau masih hidup selalu menjadi rujukan ulama Indonesia, termasuk di antaranya adalah Kiai Hasyim Muzadi Ketua Umum PBNU 1999-201...
Sabtu, 04 November 2017 19:50 WIB
​Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Setelah du...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 11 November 2017 10:48 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 16 November 2017 12:03 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Chelsea Louise Thompson, artis berusia 27 tahun ini pamer lekuk tubuh indahnya, di kamar mandi. Foto telanjangnya diupload dengan caption: Waktu mandi.Dalam foto itu, tampak satu lengannya dipergunakan untuk menut...