Senin, 21 Mei 2018 14:17

Waspada, Penyakit Difteri Bisa Sebabkan Kematian

Rabu, 10 Mei 2017 00:32 WIB
Wartawan: Ahmad Habibi
Waspada, Penyakit Difteri Bisa Sebabkan Kematian

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini tergolong sangat menular dan termasuk infeksi serius yang berpotensi mengancam jiwa jika tidak segera ditangani.

Data yang dimiliki Bangsaonline.com dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pasuruan menyebutkan jumlah warga yang terserang penyakit berbahaya ini pada 2016 sebanyak 23 orang. Rata-rata penderita penyakit difteri adalah Balita serta anak-anak usia di bawah 15 tahun.

“Untuk tahun 2016 warga Kabupaten pasuruan yang terserang sebanyak 23 orang. Tapi tidak sampai meninggal dunia karena berhasil disembuhkan,” jelas Dr Agung Basuki pada Bangsaonline.com.

Keterangan yang sama disampaikan oleh Kasi Survelen dan Imunisasi, Abd Rohman SKM. "Anak-anak dan balita memang rentan sekali terserang penyakit difteri akibat kekebalan tubuh lemah karena mungkin imunisasi tidak lengkap. Sejatinya penyakit tersebut meskipun berbahaya dan bisa disembuhkan dengan cara imunisasi, juga harus diimbangi dengan perilaku hidup bersih dan sehat,” jelasnya.

Difteri disebabkan oleh bakteri Corynebacterium diphtheriae yang memiliki masa inkubasi dua hingga lima hari. Gejala-gejala yang mengindikasikan penyakit ini biasanya diawali dengan susah menelan atau amandel, demam dan menggigil, sakit tenggorokan, suara serak, sulit bernapas atau napas yang cepat, pembengkakan kelenjar limfa pada leher, lemas dan lelah.

"Bila mendapat gejala tersebut, masyarakat harus segera ke dokter agar diobati secepatnya untuk mencegah komplikasi," pungkasnya. (bib/par/rev)

Kamis, 17 Mei 2018 15:54 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*AHAD pagi itu, 13 Mei 2018, saya bergumul dalam cengkerama keluarga usai menjalankan Shalat Subuh berjamaah di Masjid Ar-Rahman, Western Regency, Surabaya, yang semalamnya (Sabtu, 12 Mei 2018) diresmikan. Sambil menikmati d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Sabtu, 19 Mei 2018 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Senin, 14 Mei 2018 00:06 WIB
Pantai Kramat Banyuwangi yang mau dijadikan destinasi wisata.BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kelompok Nelayan Al Karomah bersama pemuda-pemudi Kertosari menggelar kegiatan bersih-bersih Pantai Kramat, Minggu (13/5). Kegiatan bersih-bersih pantai ...