Peringati Hardiknas, GMNI Tuban Serukan Gerakan Sosial Peduli Pendidikan dengan Mengajar ke Sekolah

Peringati Hardiknas, GMNI Tuban Serukan Gerakan Sosial Peduli Pendidikan dengan Mengajar ke Sekolah Ketua GMNI Tuban Nabrisi Rohid menyerahkan kenang-kenangan kepada pihak sekolah. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Mahasiswa yang tergabung dalam Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (DPC GMNI) Tuban bekerja sama dengan Rumah Belajar Pandawa menyerukan gerakan sosial peduli pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 9 Perunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Selasa (2/5). Kegiatan tersebut digelar dalam rangka memperingati (Hardiknas).

Gerakan sosial peduli pendidikan tersebut diawali dengan gerakan belajar-mengajar di dalam kelas. Kemudian, dilanjutkan dengan lomba-lomba, dan pembagian hadiah pada pemenang lomba, serta pembagian buku pada seluruh siswa dan pihak sekolah.

"Ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap generasi penerus bangsa akan pentingnya pendidikan, terlebih di momen Hardiknas ini," kata Dian Lestari selaku ketua pelaksana.

Ketua DPC , Nabrisi Rohid, mengatakan acara ini merupakan suatu bentuk rasa tanggungjawab mahasiswa terhadap pendidikan dan keguruan. Menurutnya, sebagai mahasiswa yang mempelajari bidang ilmu pendidikan, sudah sepatutnya terjun langsung mengajar di sekolah.

"Melalui kegiatan semacam ini, kami kader GMNI mengajak agar para mahasiwa tidak terpaku pada persoalan kebijakan-kebijakan pemerintah saja, namun juga mampu mengimplementasikan bidang keilmuannya kepada masyarakat. Sebab selain mengawal kebijakan yang diambil pemerintah, juga harus mampu mengabdi pada masyarakat sesuai dengan amanat Tri Darma Perguruan Tinggi," tambahnya.

Sementara Kepala Sekolah SDN 9 Perunggahan Kulon, Ilyas, mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh para mahasiswa GMNI ini. Kata Ilyas, kegiatan ini penting untuk menggugah kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi putra-putri penerus bangsa. Menurutnya, kemajuan suatu negara bergantung seberapa sadar mereka tentang pendidikan.

"Para siswa sangat antusias jika ada kegiatan semacam ini. Mereka sangat bersemangat dalam mengikuti serangkaian acara," jelasnya.

"Semoga kegiatan ini dapat menginspirasi para mahasiswa yang lain untuk terus berpartisipasi dalam memajukan pendidikan Nasional," pungkasnya. (gun/wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO