Hulu Sungai Bengawan Solo Banjir, Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kebanjiran

Hulu Sungai Bengawan Solo Banjir, Puluhan Desa di Bojonegoro Terancam Kebanjiran Air Sungai Bengawan Solo di wilayah Bojonegoro mulai naik setelah beberapa wilayah di hulu banjir. foto: eky nurhadi/BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Hujan deras yang mengguyur wilayah Solo, Blora (Jawa Tengah), Madiun, Ngawi (Jawa Timur), membuat Sungai Bengawan Solo di wilayah setempat meluap. Akibatnya, puluhan desa di bantaran Bengawan Solo terendam banjir sejak kemarin sore. Sebab, seluruh air di wilayah hulu tersebut mengalir ke Sungai Bengawan Solo wilayah hilir Bojonegoro, Tuban dan Lamongan.

Kepala Pelaksana BPBD Bojonegoro, Andik Sudjarwo saat dihubungi menjelaskan, ada beberapa anak sungai dan Sungai Bengawan Solo di wilayah hulu yang saat ini sedang banjir. Bahkan, ketinggian air di papan duga Dungus, Ngawi sedang siaga kuning dan mendekati siaga merah. Sehingga ketinggian air di wilayah Bojonegoro juga tinggi.

"Kita terus melakukan koordinasi dengan petugas BPBD di wilayah hulu untuk selalu meminta informasi ketinggian air. Karena banjir di wilayah hulu akan berdampak di Bojonegoro," kata Andik, Selasa (25/4/2017).

Menurut dia, ketinggian air di papan duga wilayah Bojonegoro diprediksi mencapai titik 14.20 peilschall atau siaga II banjir. Dengan ketinggian air tersebut, puluhan desa yang tersebar di sejumlah kecamatan di bantaran sungai terpanjang di pulau jawa itu mulai tergenang air.

"Puncak air di wilayah Bojonegoro kita prediksi terjadi pada nanti malam. Siang ini mulai masuk siaga hijau (siaga 1)," jelasnya.

Andik mengimbau kepada masyarakat yang beraktivitas di Sungai Bengawan Solo untuk meningkatkan kewaspadaan. Selain itu masyarakat yang berada di bantaran sungai juga diminta bersiap menghadapi kiriman air banjir.

"Kami imbau masyarakat waspada kenaikan cepat tinggi muka air, peningkatan kehati-hatian untuk aktivitas di sungai seperti nelayan, penyeberangan dan lain-lain. Juga waspada anak sungai tidak lancar dan bila ditambah curah hujan lokal maka berpotensi genangan di sekitar muara anak Sungai Bengawan Solo," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO