Jumat, 15 November 2019 22:06

Terkait Tunggakan Pajak PD Pasar Surya Senilai Rp 8 M, Risma Ajukan Amnesti

Rabu, 19 April 2017 22:24 WIB
Wartawan: Nur Khasanah Yulistiani
Terkait Tunggakan Pajak PD Pasar Surya Senilai Rp 8 M, Risma Ajukan Amnesti
Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat menjawab pertanyaan wartawan.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini akan meminta pengampunan ke Dirjen Pajak, dalam menyelesaikan tunggakan pajak PD Pasar Surya yang nilainya mencapai Rp 8 M. Namun, sebelumnya, ia akan menanyakan masalah tunggakan itu ke Dirjen Pajak.

“Kamis (20/4), aku kan ke Jakarta. Aku akan mampir dulu ke kemenkeu,” terangnya, Rabu (19/4).

Risma mengaku, sebenarnya dirinya tak mengetahui adanya tunggakan di BUMD milik pemerintah kota, karena selama ini tak pernah ada laporan soal itu. “Aku tahunya (tunggakan Pajak) justru dari kalian,” ujarnya kepada para wartawan di ruang kerjanya.

Wali Kota mengungkapkan PD Pasar saat ini masih mempunyai kas. Untuk itu, ia meminta agar segera membayarnya. Kendati ia tak mengetahui, besaran dana yang dimiliki PD Pasar jumlahnya berapa. “Nanti tak suruh bayar. Mereka kan masih punya uang, tapi aku gak tahu berapa jumlahnya,” paparnya

Risma menambahkan, pemerintah kota tak bisa serta merta memberikan bantuan keuangan ke PD Pasar guna membayar tunggakan, karena mekanismenya harus melalui persetujuan DPRD. “Kalau gunakan APBD, ya harus mendapat persetujuan DPRD dulu,” tandasnya.

Sebelumnya, terkait tunggakan pajak yang berimbas pemblokiran, ternyata Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Jatim I mengaku sudah melayangkan tiga kali surat ke PD Pasar Surya.

"Semua informasi ke wajib pajak dengan melalui tiga tahap sesuai dengan undang undang pajak Nomor 19 Tahun 2000 tentang penagihan pajak," kata Plh Kabid P2 Humas Kanwil DJP Jatim I Ardhie Permadi, Rabu (19/4).

Ia menjelaskan ada 6 tahap yang dilakukan untuk penagihan pajak terhadap wajib pajak yakni, penerbitan surat ketetapan pajak, surat teguran hingga pemblokiran.

"Setelah surat teguran, kami akan terbitkan surat paksa dilanjutkan surat perintah melaksanakan penyitaan atau pemblokiran kemudian 14 hari kemudian diterbitkan surat lelang dan pelaksanaan lelang," ungkap Ardhie.

Berapa nilai tunggakan pajak PD Pasar Surya? "Saya lupa besarannya berapa. Tanya ke wajib pajaknya saja. Yang pasti kita sudah layangkan 3 tahap hingga pemblokiran," jawab Ardhie.

Rekening PD Pasar Surya BUMD Kota Surabaya diblokir oleh Kanwil DJP Jatim I karena menunggak pajak hingga Rp 8 Miliar. Pemblokiran rekening berimbas terhadap aktivitas PD Pasar Surya karena tidak bisa melaksanakan transaksi keuangan mulai pembayaran gaji pegawai hingga pembayaran uang sewa stand para pedagang

Kabag Humas Pemkot Surabaya M Fikser, pembekuan rekening PD Pasar Surya adalah permasalahan yang seharusnya tidak perlu terjadi jika BUMD curhat ke Pemkot jika ada masalah.

"Kalau BUMD punya masalah bisa melaporkan ke Pemkot agar bisa diselesaikan atau ada masukan untuk penyelesaian," kata Fikser di Kantor Bagian Humas Pemkot Surabaya, Jalan Jimerto, Rabu (19/4).

Sebelumnya, pembekuan rekening PD Pasar Surya ini memang dibenarkan oleh Ketua Badan Pengawas (Bawas) PD Pasar Surya Rusli Yusuf. "Memang ada pemblokiran rekening karena ada tunggakan pajak miliaran rupiah," kata Rusli.

Rusli menambahkan, pemblokiran rekening jika dibiarkan akan berpengaruh pada kinerja PD Pasar Surya. "Jika tidak segera diatasi direksi akan mempengaruhi seluruh transaksi dan pembayaran pegawai maupun pembayaran uang sewa stand pedagang," imbuh Rusli. (yul/ros)

Badai Kembali Terjang Ngawi, Panggung dan Tenda untuk Lomba Panahan di Alun-alun Porak Poranda
Sabtu, 09 November 2019 00:05 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Hujan disertai angin kencang kembali memporak-porandakan Kabupaten Ngawi, Jumat (8/11) sore. Kali ini badai angin menerjang wilayah alun-alun dan sekitarnya, yang kebetulan sedang digelar lomba panahan....
Selasa, 05 November 2019 19:40 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Taman Mozaik yang berada di Jalan Wiyung Praja Surabaya ini menambah rentetan panjang destinasi wisata taman aktif di Surabaya. Lahan yang sebelumnya rawa-rawa itu disulap Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya menjadi taman y...
Rabu, 06 November 2019 12:44 WIB
Oleh: M Mas’ud Adnan*Para elit NU struktural tak bisa menyembunyikan kekecewaannya ketika Presiden Joko Widodo mengumumkan susunan Kabinet Indonesia Maju pada 23 Oktober 2019 lalu. Kekecewaan itu dieskpresikan secara terbuka oleh Wakil Ketua PB...
Kamis, 14 November 2019 13:45 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan anak ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...