Soal Temuan Korupsi di PD Pasar Surya, Dewan: Kinerja Bawas Buruk

Soal Temuan Korupsi di PD Pasar Surya, Dewan: Kinerja Bawas Buruk

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Terbongkarnya kasus dugaan korupsi di membuat kalangan DPRD Surabaya geram. Pasalnya, selain masif, korupsi di dinilai sudah berjalan cukup lama.

DPRD Surabaya menyayangkan fungsi Badan Pengawas (Bawas) yang tidak bekerja maskimal. Pasalnya, adanya dugaan penyelewengan dana retribusi dan iuran bulanan oleh sejumlah kepala pasar, sebagai bukti kinerja bawas buruk. Selain itu, bisa jadi bawas juga ikut membiarkan praktik kotor terjadi.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Achmad Zakaria menyampaikan, Direksi , Satuan Pengendalian Internal (SPI), dan Bawas tidak menjalankan fungsinya dengan baik. Padahal, hanya 63 unit pasar di Surabaya berada di bawah kendalinya. Namun, masih saja terjadi praktik yang merugikan keuangan . “Kalau tiga bagian ini melakukan tugasnya dengan baik, tidak akan terjadi (penggelapan dana),” terangnya, Rabu (14/9).

Politisi PKS ini menegaskan, adanya dugaan penyelewengan menegaskan sistem manajemen di tubuh sangat buruk. Masing-masing direksi, SPI, dan Bawas tidak bekerja secara profesional. Kalau tidak profesional, harus ada restrukturasi direksi, SPI, dan bawas. Bila tetap tidak bisa, maka Pemkot Surabaya harus turun tangan melalui inspektorat untuk menindak tegas para pelanggar.

“Kalau terjadi seperti ini (penyelewengan), maka yang harus dilakukan adalah perbaikan sistem, misalnya pembayarannya tidak manual lagi, melalui bank,” ujarnya.

Zakaria mengungkapkan, sejak terkuaknya praktik tak terpuji ini, pihaknya semakin banyak menerima keluhan dari pedagang. Selama ini, pedagang rutin membayar iuran tiap bulan. Tetapi, pedagang sama sekali tidak menerima perbaikan layanan dan fasilitas dari .

Humas Novy Ispinari mengungkapkan, terkuaknya dugaan kasus penyelewangan dana di tubuh Kota Surabaya lantaran ada beberapa karyawan yang melaporkan, bahwa ada sejumlah kekayaan kepala pasar memiliki harta yang cukup fantastis.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO