Sidang LKPJ Bupati Pasuruan 2016, Dewan Apresiasi Berbagai Prestasi yang Berhasil Diraih

Sidang LKPJ Bupati Pasuruan 2016, Dewan Apresiasi Berbagai Prestasi yang Berhasil Diraih Ketua DPRD Kabupaten Pasuruan, Sudiono Fauzan, S.Ag. memimpin sidang Laporan Keterangan Pertanggungjawaban APBD 2016. foto: HABIBI/ BANGSAONLINE

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Bertempat di Gedung , Senin (11/04) kemarin, Bupati dan Wakil Bupati Pasuruan menyampaikan LKPJ (Laporan Keterangan Pertanggungjawaban) tahun anggaran 2016 di depan para anggota dewan serta ratusan tamu undangan. Kegiatan tahunan tersebut yang merupakan kewajiban kepala daerah yang diatur dalam UU no 23/2014.

Ketua DPRD M Sudiono Fauzan yang dikonfirmasi Bangsaonline.com terkait pelaksanaan LKPJ tahun anggaran 2016 mengapresiasi ketepatan waktu pelaksanaan dan kesiapan pihak eksekutif yang jauh-jauh hari sudah memberitahukan draf, dan jadwal pelaksanaan sidang. Hal itu menurutnya merupakan bentuk keseriusan dan tanggung jawab pengelolaan keuangan yang akuntabel dan transparansi.

Penyampaian LKPJ sendiri sudah diatur dalam UU no 23 tahun 23 pasal 71 ayat 2 yang diubah dengan UU no 09 tahun 2015 tentang pemerintahan daerah. Yakni bahwa kepala daerah berkewajiban menyampaikan LKPJ sebagai progress report. Juga, sekaligus sebagai wahana penilaian dan upaya perbaikan kinerja pemerintahan pada tahun berikutnya.

“Ini juga refleksi sinergitas antara lembaga pemerintahan daerah dengan DPRD serta komitmen dan kesepakatan bersama dalam memaknai kebutuhan dan aspirasi masyarakat yang tertuang di dalam APBD 2016,“ jelas pria yang akrab dipanggil Dion ini.

Tahun 2016 kemarin merupakan perjalanan tahun keempat kepemimpinan Bupati HM Irsyad Yusuf SE, MMA dan wakil Bupati Riang Kulup Prayuda. Dion menilai bahwa Bupati dan Wabup telah berjuang keras dalam melakukan pembangunan terbukti dengan diraihnya berbagai prestasi di segala bidang baik di tingkat regional maupun Nasional.

"Dalam tiga tahun terakhir, kekompakan dan kerjasama anggota dewan dengan pemerintah dalam pembahasan APBD perlu diapresiasi acungan jempol. Karena dalam pengambilan keputusan dan dan penetapan persetujuan terhadap APBD 2015-2016 hingga 2017 selalu tetap waktu. Bahkan boleh dikatakan lebih cepat dari deadline oleh pemerintah pusat, termasuk juga ketepatan dalam pembahasan rancangan peraturan daerah," bebernya.

"Komitmen bersama tersebut bisa dilihat dari prestasi yang cukup prestisius yakni diraihnya WTP atas laporan keuangan daerah dari BPK RI selama tiga tahun berturut turut. Prestasi yang diraih tersebut hendaknya menjadi cambuk bagi Bupati beserta seluruh jajaran untuk meningkatkan prestasi yang lebih banyak lagi sehingga menjadikan Pasuruan lebih maslahat."

Sebagai, daerah yang letak geografisnya sebagian wilayah pegunungan dan laut, Dion juga memuji kecepatan dan ketanggapan Pemkab dalam bencana yang kerap kali terjadi. Hal itu dibuktikan dengan dibentuknya desa tangguh bencana, penyiapan kader dan relawan di semua desa potensi bencana.

“Penanganan masalah bencana yang dilakukan pemerintah cukup solid, terbukti dukungan dan partisipasi dari masyarakat melalui pemberian sembako, petugas medis serta pelatihan dasar kepada masyarakat soal kebencanaan,” jelas sekretaris DPC PKB ini.

Bupati dan Wakil Bupati Bacakan LKPJ 2016 secara Bergantian

Pelaksanaan penyampaian LKPJ akhir tahun anggaran 2016 berjalan lancar dengan disaksikan para anggota dewan, kepala OPD serta ratusan tamu undanngan yang hadir. Bupati HM Irsyad Yusuf SE, MMA dan Wakil Bupati Ir Riang Kulup Prayuda membacakan pidato laporan LKPJ secara bergantian.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO