Selasa, 26 Mei 2020 23:25

Waspada, Jembatan Lama Lebih Tua dari Jembatan Mrican

Minggu, 05 Maret 2017 22:41 WIB
Waspada, Jembatan Lama Lebih Tua dari Jembatan Mrican
Jembatan lama yang menghubungkan kecamatan Kota dan kecamatan Mojoroto ini dinilai sudah tidak layak, dan saatnya diganti dengan Jembatan Brawijaya.

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Putusnya jembatan Mrican beberapa waktu lalu membuat kekhawatiran bagi kalangan masyarakat yang melintas di jembatan lama yang ada di jalan Brawijaya Kota Kediri. Pasalnya, jembatan ini juga dibangun sejak zaman Belanda hampir berbarengan dengan pembuatan jembatan Mrican, pada tahun 1898. Hal tersebut menjadikan anggota DPRD Kota Kediri berkomentar mempertanyakan kekuatan jembatan lama dan juga meminta pihak pemerintah segera bertindak dalam penanganan pembagunan jembatan Brawijaya yang hingga saat ini masih mangkrak dan belum bisa difungsikan.

Ketua Komisi C DPRD Kota Kediri Reza Darmawan mengatakan dirinya merasa prihatin akan kejadian putusnya jembatan Mrican yang menjadikan aktivitas warga terganggu.

"Secara pribadi saya merasa prihatin akan kejadian tersebut. Biarpun tak ada korban jiwa, namun aktivitas warga terganggu khususnya bagi pedagang kuliner," ungkap Reza.

Lebih lanjut Reza menjelaskan, bangunan jembatan Mrican hampir selisih 8 tahunan dengan jembatan Brawijaya dalam pembangunannya, Dalam segi pemakaian, yang jelas jembatan lama lebih padat lalu lintasnya. Otomatis hal tersebut perlu dipikirkan oleh pemerintah dampak yang terjadi bilamana jembatan lama putus. "Pasti banyak korban," kata Reza.

Untuk itu dirinya meminta pada instansi terkait untuk memikirkan dampak yang terjadi bilamana jembatan lama putus, termasuk aktivitas perekonomian warga kota Kediri yang kemungkinan akan terhambat.

Untuk mengatasi dan mengantisipasi hal tersebut, Reza meminta pada pemerintah untuk segera memfungsikan jembatan Brawijaya yang saat ini mangkrak dan belum dilaksanakan pembangunannya karena terkendala masalah hukum.

"Mumpung belum ada korban jiwa, apabila terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada jembatan lama, mari kita pikirkan bersama, agar Kota Kediri lebih baik lagi," tambah Reza

"Kalau memang terkendala masalah hukum diharap instansi Hukum untuk segera menyelesaikan masalah hukumnya," kata Reza.

Reza juga meminta pada masyarakat kota Kediri yang melintas di jembatan lama untuk waspada, bilamana terjadi hujan lebat dan arus sungai deras, Warga diimbau memilih jalur alternatif lainnya.

Untuk diketahui, jembatan Brawijaya saat ini belum bisa dibangun karena terkendala masalah hukum pada era wali kota Kediri Samsul Ashar. Kasus jembatan Brawijaya sudah ada tersangkanya, usai diperiksa Polda Jatim.

Saat ini kasus tersebut sudah dilimpahkan pada Kejati Surabaya, namun hingga saat ini proses persidangannya belum dilaksanakan. Padahal pihak Polda Jatim sudah menetapkan dua tersangka, yaitu Kasenan Kepala Dinas Pekerjaan Umum kota Kediri dan satunya lagi adalah staffnya. (rif/rev)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Rabu, 11 Maret 2020 22:53 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Keindahan alam di Jawa Timur adalah potensi wisata yang luar biasa. Salah satunya, Taman Wisata Genilangit di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa datang langsung ke ikon wisata di...
Sabtu, 23 Mei 2020 12:36 WIB
Oleh: Firman Syah AliSaat ini gelar Habib sedang populer di Indonesia karena beberapa peristiwa. Diantaranya Insiden Habib Umar Abdullah Assegaf Bangil dengan mobil sedan mewah Nopol N 1 B diduga melanggar peraturan pemerintah tentang pembatasan sosi...
Sabtu, 23 Mei 2020 23:28 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*21. Unzhur kayfa fadhdhalnaa ba’dhahum ‘alaa ba’dhin walal-aakhiratu akbaru darajaatin wa-akbaru tafdhiilaanPerhatikanlah bagaimana Kami melebihkan sebagian mereka atas sebagian (yang lain). Dan kehidupan ...
Rabu, 13 Mei 2020 11:23 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <&...