Serobot Jalan Desa, Warga Rejoso Blitar Demo Pendirian Pabrik Gula PT Rejoso Manis Indo

Serobot Jalan Desa, Warga Rejoso Blitar Demo Pendirian Pabrik Gula PT Rejoso Manis Indo Warga desa Rejoso saat mendatangi balai desa mempertanyakan pembangunan pabrik gula PT Rejoso Manis Indo. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Puluhan warga Desa Rejoso kecamatan Binangun kabupaten Blitar Senin (20/2) pagi melakukan aksi demo di lokasi pendirian pabrik gula yang ada di desa setempat. Aksi demo tersebut bukan untuk menghalangi pendirian pabrik, namun untuk mempertanyakan status akses jalan desa yang kini berubah menjadi lahan area pendirian pabrik.

Menurut warga sekitar pabrik, ada jalan desa sepanjang 300 meter atau seluas 840 meter persegi yang kini rata dan beralih fungsi menjadi area pendirian pabrik gula oleh .

Selain di lokasi pendirian pabrik gula, warga juga menggelar aksi demo di Kantor Desa Rejoso. Mereka meminta kejelasan status tanah yang sebelumnya berupa jalan kini menjadi lahan pendirian pabrik.

"Kami hanya ingin tahu dan meminta kejelasan dari pihak desa, apakah status tanah ini sudah jelas," kata Erik, salah satu warga desa setempat, Senin (20/2).

Selain akses jalan desa yang hilang, warga juga mempertanyakan sungai desa sebagai tempat saluran irigasi sepanjang 270 meter yang kini kering karena digunakan untuk pendirian pabrik. Warga juga meminta agar pembangunan pabrik dilakukan secara transparan dan tidak merugikan warga sekitar pabrik.

“Kami gak pernah diajak rembukan, tiba-tiba sudah ada aktivitas pembangunan pabrik dan jalannya ke sungai hilang. Kami dukung, tapi jangan diam-diam kita gak diajak ngomong. Asal jelas tidak ada yang dirugikan sebenarnya warga sangat mendukungnya," tuturnya.

(BACA JUGA: Izinkan Pendirian Pabrik Gula Binangun, Asal Sesuai Prosedur)

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO