Kamis, 21 September 2017 21:07

Teropong Menuju Panggung Pilbup Jombang 2018 (5): NasDem Siapkan Kader Terbaik, Siap Koalisi

Selasa, 10 Januari 2017 11:39 WIB
Teropong Menuju Panggung Pilbup Jombang 2018 (5): NasDem Siapkan Kader Terbaik, Siap Koalisi
Ketua DPD NasDem Kabupaten Jombang, Mu’linah Shohib. foto: RONY SUHARTOMO/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Jombang tahun 2018 semakin dekat. Partai politik di kota santri sudah mulai menyiapkan berbagai strategi. Beberapa di antaranya dikabarkan sudah melakukan survei untuk mengetahui kekuatan politik dalam pertarungan merebut kursi bupati dan wakil bupati tahun depan.

Di samping itu, beberapa parpol juga sudah memetakan kader sebagai figur yang akan diusung maupun persiapan untuk berkoalisi dengan parpol lain. Langkah ini juga akan dilakukan DPD Partai Nasional Demokrat (NasDem) Kabupaten Jombang.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPD NasDem Kabupaten Jombang, Mu’linah Shohib saat wawancara ekslusif dengan Bangsaonline.com, Minggu (8/1) malam. Menurutnya, saat ini pihaknya sedang merawat kekuatan internal partainya untuk kontestasi Pilbup mendatang.

"Kepengurusan kita sudah tertata hingga tingkat desa. Dari seluruh desa dan kelurahan yang ada di Jombang, sudah 70 persen terbentuk kepengurusan NasDem. Serta tingkat kecamatan. Ini juga salah satu langkah persiapan kita menghadapi Pilbup mendatang. Kekuatan internal sudah kita solidkan," ujarnya.

Lebih lanjut, Mu’linah menjelaskan, untuk kepengurusan tingkat desa istilahnya Dewan Pimpinan Ranting (DPRT), sedangkan tingkat kecamatan adalah Dewan Pimpinan Cabang (DPC).

Selain penguatan kepengurusan, Cucu KH Bisyri Syansuri (salah satu pendiri NU) ini menyatakan, pihaknya juga akan melakukan seleksi terhadap kader untuk diusung dalam Pilbup.

"Kalau sudah ada intruksi dari DPP (Dewan Pimpinan Pusat) agar mengusung kader sendiri, kami harus ikut. Tentu nama-nama kader terbaik kami usulkan ke DPP. Setelah itu kami kebut atur strategi pemenangannya. Termasuk menjalin koalisi dengan parpol lain," jelas Mu’linah.

Politisi berjilbab ini juga memaparkan, jika partainya memutuskan untuk tidak mengusung kader sendiri, maka kajian untuk mendukung calon dari parpol lain akan dilakukan dengan ketat.

"Bagaimana pun juga kita memiliki kekuatan politik yang tidak kalah dengan parpol lain. Di fraksi DPRD kita memiliki empat kursi, selain itu kekuatan hingga ranting sudah kami tata. Jelas, jika kami harus mendukung kader parpol lain pertimbangan matang harus dilakukan. Dari segala aspek harus dikaji," bebernya.

Terkait dirinya yang disebut-sebut juga akan maju menjadi Cabup-Cawabup, Mu’linah masih menunggu keputusan DPP. "Saya belum bisa memastikan. Kami masih wait and see. Kecuali ada keputusan DPP, saya bisa langsung bersikap," tandasnya.

Sementara figur yang dimungkinkan menjadi Cabup-Cawabup 2018, ia menuturkan pasangan incumbent, Nyono Suharli Wihandoko-Mundjidah Wahab tidak menutup kemungkinan maju kembali satu paket.

"Mereka (incumbent, red) sudah memiliki modal dikenal publik. Sehingga mudah saat sosialisasi. Tapi jika mungkin ada figur lain, bisa saja pertarungan akan berbeda," pungkas Mu’linah. (rom/rev)

Sabtu, 02 September 2017 20:45 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie MAg. . .   Ud’u ilaa sabiili rabbika bialhikmati waalmaw’izhati alhasanati wajaadilhum biallatii hiya ahsanu inna rabbaka huwa a’lamu biman dhalla ‘an sabiilihi wahuwa a’lamu bialmuhtadiina (125).Ti...
Sabtu, 16 September 2017 12:29 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 September 2017 12:08 WIB
VANCOUVER, BANGSAONLINE.com - Penyanyi pop muslim Mozhdah Jamalzadah membuat kegaduhan warganet dengan memosting foto selfie dengan latar belakang monitor yang menggambarkan adegan film bokep.Dia pun langsung dikutuk oleh fansnya. Mereka sang...