Belasan Mahasiswa Tuntut Pemkab Transparan Soal DBH Migas

Belasan Mahasiswa Tuntut Pemkab Transparan Soal DBH Migas ?Belasan mahasiswa saat audiensi dengan Kepala Kantor EDSM Sumenep. foto:ida okvinita/BANGSAONLINE

SUMENEP (bangsaonline) - Belasan mahasiswa yang tergabung dalam Kaukus Mahasiswa Sumekar (KMS) , Senin (16/6) pagi mendatangi kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Mereka menuntut Pemkab transparan mengenai dana bagi hasil (DBH) migas untuk Blok Maleo.

Korlap aksi, Imam Arifin, menjelaskan, selama ini DBH migas tidak jelas. Padahal, ini merupakan daerah penghasil migas, dan DBH itu bisa untuk kesejahteraan masyarakat.

“Sampai sekarang tidak ada penjelasan terkait DBH dari Pemkab kepada masyarakat. Kita hanya ingin transparan berapa penerimaan DBH Migas tersebut, dan peruntukkannya,” tandasnya.

Ia menilai, Pemkab memang kurang pro aktif memperjuangkan perolehan DBH migas yang merupakan hak . Padahal dalam putusan Mahkamah Agung, telah disebutkan bahwa Blok Maleo bukan lagi masuk ke wilayah Pemerintah Provinsi Jawa Timur, melainkan .

“DBH Blok Maleo itu mestinya masuk ke . Sebab Mahkamah Agung (MA) sudah memutuskan dalam amar putusannya kalau Blok Maleo tersebut masuk kawasan . Tapi buktinya sampai sekarang tidak ada. DBH tahun 2013 sebesar Rp 9, 8 milyar sampai saat ini belum cair,” ujarnya.

Sementara Kepala Kantor EDSM membantah jika pihaknya dituding tidak serius memperjuangkan DBH migas blok Maleo untuk . Menurutnya, pihaknya sudah menyampaikan persoalan tersebut di Forum pertemuan migas maupun langsung menanyakan ke Jakarta.

“Sampai saat ini kami masih menunggu kejelasan pelaksanaan Yudicial Review. Bahkan pak Bupati juga sudah berkirim surat ke Presiden 6 Mei 2014, memohon implementasi amar putusan MA,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Pengangkut BBM Terbakar di Pelabuhan Gayam Sapudi Sumenep':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO