Tahun ini Bencana di Trenggalek Mencapai 163 Peristiwa, Banjir dan Longsor Paling Banyak

Tahun ini Bencana di Trenggalek Mencapai 163 Peristiwa, Banjir dan Longsor Paling Banyak Banjir di desa Tawing kec. Munjungan. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Terhitung sejak Januari hingga September tahun ini, sesuai data yang disajikan oleh Pusat Pengendalian Operasi Bencana (Pusdalops - PB) BPBD Trenggalek, total bencana yang terjadi mencapai 163 peristiwa.

Bencana tersebut menurut Gigih Hirtagara petugas Pusdalops-PB Trenggalek terdiri atas tanah longsor, banjir, angin kencang, kebakaran hutan, kekeringan dan gempa bumi. "Dari semua peristiwa bencana itu yang paling sering terjadi di kabupaten Trenggalek, banjir dan tanah longsor," kata Gigih saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Kamis (20/10). Selain banjir dan tanah longsor, angin kencang juga sering melanda Trenggalek.

Gigih merinci, jumlah peristiwa bencana banjir selama kurun waktu sembilan bulan itu mencapai 65 peristiwa. Selanjutnya peristiwa bencana tanah longsor mencapai 59 kejadian dan yang terakhir angin kencang 19 kejadian.

Banjir yang terjadi di kabupaten Trenggalek, kata Gigih lebih lanjut, terbagi atas banjir bandang dan banjir luapan air sungai atau genangan. Sedangkan untuk kecamatan yang paling sering dilanda banjir meliputi kecamatan Pogalan, Gandusari, Kampak dan Munjungan.

Berikutnya kecamatan yang paling sering dilanda bencana berupa tanah longsor meliputi kecamatan Bendungan, Watulimo, Kampak dan Munjungan. Sementara peristiwa bencana angin kencang sesuai data yang di miliki Pusdalops-PB biasanya terjadi antara bulan April hingga Mei.(man/rev)

(Tanah longsor di desa Jedeg Kecamatan Kampak, beberapa waktu yang lalu)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO