Iran Pasok 44 Ribu Metrik Ton Elpiji Lewat Situbondo Jawa Timur

Iran Pasok 44 Ribu Metrik Ton Elpiji Lewat Situbondo Jawa Timur Kapal Pertamina Gas 2 membawa 44 ribu MT elpiji dari Iran menuju Pelabuhan Kalbut Situbondo, Jawa Timur. foto: Adhi Wicaksono/CNN Indonesia

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - National Iranian Oil Company () memasok 44 ribu metrik ton (MT) kepada PT (Persero) pada Kamis (13/10)

Kapal Very Large Gas Carrier (VLGC) Gas 2 membawa gas tersebut dari Iran menuju Pelabuhan Kalbut , Jawa Timur yang secara resmi menjadikan Iran sebagai negara pemasok baru untuk Indonesia.

Direktur Utama Dwi Soetjipto menjelaskan, tersebut tiba di Indonesia setelah kapal Gas 2 menempuh perjalanan selama 13 hari dari Pelabuhan Asaluyeh di Iran.

“Semoga pengiriman ini menjadi penanda babak baru kerjasama - dan menjadi pintu pembuka bagi kerjasama perdagangan Indonesia-Iran yang lebih signifikan," kata Dwi dikutip dari laman perusahaan, Kamis (13/10), dikutip cnn indonesia.

Kontrak jual beli dengan dirintis sejak 24 Februari 2016, ketika Pemerintah Indonesia menjajaki kerjasama sektor minyak dan gas bumi dengan Pemerintah Iran. Hal tersebut ditindaklanjuti dengan pembuatan Head of Agreement (HoA) antara dengan pada 30 Mei 2016.

Dalam HoA tersebut, sepakat untuk membeli sebanyak 600 ribu MT untuk pengiriman 2016 dan 2017.

“Kargo berikutnya dari akan tiba sekitar 20 November 2016,” kata Dwi.

Selain membuat kontrak jual beli , dua perusahaan pelat merah itu punya kesepahaman untuk melakukan preliminary study terhadap dua lapangan minyak raksasa di Iran, yaitu Ab-Teymour dan Mansouri (Bangestan - Asmari). Keduanya diyakini memiliki cadangan lebih dari 5 miliar barel per Agustus 2016 lalu.

"Berkat kerja keras dan kerja sama yang baik dari semua pihak, baik di internal maupun eksternal dalam penyiapan administrasi, keuangan dan operasi, kapal Gas 2 yang membawa kargo (Butane/Propane) itu telah tiba di Kalbut, dengan selamat," katanya.

Dwi mengatakan, kedatangan kapal ini sekaligus menandai babak baru kerja sama antara PT dengan National Iranian Oil Company (), dan menjadi pintu pembuka bagi perdagangan Indonesia-Iran yang lebih signifikan.

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO