Banyak Kepala Daerah Tersandung Korupsi, Mega Tuding KPK Main Politik

Banyak Kepala Daerah Tersandung Korupsi, Mega Tuding KPK Main Politik Megawati Soekarnoputri ingatkan kader partainya yang terpilih jadi kepala daerah tetap menjadi petugas partai.

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menyinggung independensi dalam pidatonya. Megawati menyebut bahwa saat ini bermain politik.

Hal itu diutarakan Megawati saat berbicara di depan para peserta sekolah kepala daerah di Wisma Kinasih, Depok, Jabar, Selasa (6/9/2016).

Dalam kesempatan tersebut, Mega tegas melarang kadernya melakukan korupsi. Aturan partai kata putri Bung Karno ini tegas melarang.

"Kalau saya boleh bicara, tidak boleh korupsi. Baca aturan. Kalau di situ ada larangan berarti tidak boleh," tegas Mega.

Setelah itu Mega melanjutkan bicaranya. Kali ini dia menyinggung tentang kerja . " itu sekarang juga main politik. Tidak ada tafsir. itu saya yang bikin loh. Paling banyak bansos. Bantuan sosial itu, kan ada yang ditangkap," urai Mega.

Selain , Megawati mengaku pernah berpesan kepada Jaksa Agung Muhammad Prasetyo soal penegakan hukum terhadap kader partai politik.

Ia mengatakan, seharusnya Jaksa Agung memberitahukan kepada ketua umum partai politik terlebih dahulu jika ada kepala daerah kader partai politik yang ditangkap. Misalnya, jika ada kader PDI Perjuangan yang ditangkap oleh kejaksaan, Mega meminta diberitahukan terlebih dahulu.

"Mas, mbok baik-baik loh Mas. Ketua Umum itu ada loh Mas. Kalau ada yang mau diini (ditangkap), kasih tahu saya dululah," ujar Megawati.

Mega mengatakan, pemberitahuan ini bukan bagian dari upaya melakukan intervensi terhadap proses hukum. Namun, untuk memastikan bahwa penegakan hukum tersebut murni demi hukum, tidak bernuansa politisasi.

"Saya enggak minta apa-apa kok. Saya hanya mau tahu, ini dipolitisasi atau tidak. Ya kalau dipolitisasi ya sama sajalah," ujar Megawati.

Presiden kelima RI itu, mengatakan, setiap ada informasi soal penangkapan kepala daerah atau politikus, dia selalu 'deg-degan' karena khawatir kader PDI Perjuangan yang ditangkap.

"Saya tahu, ini bukan, bukan kita (kader PDI-P). Tapi masak setiap malam saya suruh orang begitu?" ujar Megawati.

Sumber: detik.com/merdeka.com

Lihat juga video 'Resmi Dipecat! Novel Baswedan dkk Letakkan Kartu Identitas KPK':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO