Rayakan HUT RI ke-71, Penghuni Lapas Kelas IIB Tuban Gelar Lomba Terompah Panjang

Rayakan HUT RI ke-71, Penghuni Lapas Kelas IIB Tuban Gelar Lomba Terompah Panjang Para penghuni lapas berpakaian ala santri saat mengikuti lomba terompah panjang. foto: SUWANDI/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Sekitar 382 narapidana dan tahanan lapas kelas IIB Kabupaten Tuban meggelar lomba Terompah Panjang (bakiak) di lapangan lapas setempat, Senin (15/8). Mereka melombakan permainan tradisional tersebut demi merayakan Republik Indonesia (RI) ke-71.

Kepala Lapas Kelas 2 B Tuban, RB Danang Yudianwan kepada BANGSAONLINE.com mengatakan, lomba ini tidak hanya diikuti seluruh penghuni lapas, namun juga pegawai dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tuban.

“Kegiatan ini untuk merayakan hari proklamasi kemerdekaan RI ke-71. Sengaja kami menggelar lomba terompah panjang, karena ini bagian dari menjunjung karakter lomba yang dimiliki bangsa Indonesia,” beber Danang.

Uniknya, peserta lomba harus memakai sarung dan berkopyah. “Karena Tuban merupakan bumi wali,” imbuh Danang.

Ia menambahkan, pada hari kemerdekaan besok (17/8) bakal memberikan remisi dan melepas lima napi bebas murni. Mereka akan dilepas pasca upacara 17 Agustus.

Lima napi ini dilepas karena kelakuannya baik dan sudah sesuai haknya. “Pelepasannya nanti akan ditandai dengan pelepasan kaos napi,” ungkapnya.

Sementara Komandan Kodim 0811 Tuban, Letkol Inf Sarwo Supriyono mengatakan akan tetap mengawasi kelima napi yang akan dilepas tersebut. Melalui para Babinsa, kelima napi akan diberi arahan agar kembali hidup secara normal seperti masyarakat yang lainnya.

“Kami akan fungsikan babinsa untui mengawasi lima napi yang akan bebas besok. Itu dilakukan agar mereka kembali hidup secara normal di masyarakat,” papar Dandim kelahiran Madiun ini. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO