Senin, 23 September 2019 10:53

Bangun Fasilitas Umum, Sidoarjo bakal Didampingi UCLG ASPAC

Jumat, 29 Juli 2016 22:01 WIB
Wartawan: Musta'in
Bangun Fasilitas Umum, Sidoarjo bakal Didampingi UCLG ASPAC
BELUM LAYAK: Tim UN Habitat dan UCLG ASPAC didampingi Dinas PU Bina Marga Sidoarjo melihat kondisi trotoar di Jalan Monginsidi, Kota Sidoarjo, Jumat (29/7) sore. foto: MUSTAIN/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Sidoarjo terus membenahi fasilitas umum dan ruang publik agar nyaman dan aman bagi warganya.

Salah satu upayanya, Pemkab berencana kerja sama dengan United Cities and Local Goverments Asia-Pacicif (UCLG ASPAC), sebuah organisasi internasional beranggotakan pemerintah lokal di kawasan Asia-Pasific, untuk merencanakan ruang publik yang melibatkan warga.

Rencana kerja sama itu diawali dengan kunjungan tim UGLG ASPAC dan UN Habitat, organisasi sayap PBB yang membahas soal isu-isu permukiman, ke Kabupaten Sidoarjo, Jumat (29/7) sore.

"Sidoarjo akan dibantu untuk merencanakan fasilitas publik dengan melibatkan warga," ungkap Kepala Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Sigit Setyawan.

Didampingi Kabid Pemeliharaan Dinas PU Bina Marga Sidoarjo, Yunan Khoiron, Sigit Setyawan mengantar dua pejabat UN Habitat, di antaranya Public Space Program Manager UN Habitat, Cecilia Anderson dan dua orang dari UCLG ASPAC, melihat kondisi trotoar dan zebra cross di Jalan Monginsidi, Kota Sidoarjo.

Hampir satu jam, mereka mengamati trotoar dan zebra cross di Jalan Monginsidi. Hasilnya, ternyata kondisi trotoar dinilai masih belum nyaman dan aman bagi para pejalan kaki.

"Lampu penerangan trotoar masih kurang sehingga tidak aman bagi pejalan kaki," cetus Atik Kumala Dewi, Strategic Service Manager UCLG ASPAC saat mengamati kondisi PJU di Jalan Monginsidi.

Selain itu, ternyata masih ada Pedagang Kaki Lima (PKL) yang memanfaatkan trotoar untuk berjualan. "Seharusnya PKL disediakan space (lahan) agar tidak menganggu pejalan kaki," jlentreh Atik didampingi Nanda Sihombing, Strategic Service Officer UCLG ASPAC.

Mereka juga menyoroti keberadaan Zebra Cross, yang dianggap belum aman bagi pejalan kaki. Sebab kondisi zebra cross ternyata lebih rendah dari trotoar, sehingga penyebrang jalan harus turun dari trotoar dan mobil bisa tetap melaju tanpa harus dipaksa menurunkan kecepatannya.

"Masukan-masukan ini menjadi bahan untuk merencanakan pembangunan trotoar selanjutnya, tentunya akan kami kaji karena terkait dengan regulasi dan instansi lain," tandas Sigit.

Sigit pun mengakui jika selama ini, pembangunan fasilitas umum dan ruang publik dikerjakan berdasarkan versi pemerintah. Karena itulah, pihaknya merespon positif upaya UCLG ASPAC yang berniat mendampingi Pemkab Sidoarjo untuk merencanakan ruang publik dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

"Ini baru langkah awal. Nantinya akan ditindaklanjuti dengan pelatihan-pelatihan oleh UCLG ASPAC, termasuk forum konsultasi dengan warga," pungkas Sigit Setyawan. (sta/rev)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 23 Agustus 2019 22:22 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Masyarakat Kabupaten Ngawi dan sekitarnya kini sedang gandrung dengan destinasi wisata baru di Desa Bringin, Kecamatan Bringin, Ngawi. Di mana, salah satu obyek wisata yang dikenal dengan nama 'Jurang Krowak' banyak men...
Rabu, 11 September 2019 18:57 WIB
Oleh: Em Mas'ud Adnan*Indonesia – terutama Jawa Timur – memang sepotong taman surga. Tanah subur, pohon rimbun, air mengalir dan gunung bertebaran menghiasi alam. Indah luar biasa. Masih ditambah satu anugerah lagi: keajaiban alam!Lihatlah blue...
Minggu, 22 September 2019 14:32 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag63. Qaala idzhab faman tabi’aka minhum fa-inna jahannama jazaaukum jazaa-an mawfuuraanDia (Allah) berfirman, “Pergilah, tetapi barang siapa di antara mereka yang mengikuti kamu, maka sungguh, neraka Jahanamla...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...